Iklan dempo dalam berita

Akhir dari Rangkaian Haji! Ini Hikmah Tahallul, Bersihkan Diri dari Perbuatan Dosa

Akhir dari Rangkaian Haji! Ini Hikmah Tahallul, Bersihkan Diri dari Perbuatan Dosa

Makna Tahallul dalam rangkaian ibadah haji--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Akhir dari rangkaian haji! ini hikmah tahallul, bersihkan diri dari perbuatan dosa.

Dalam menjalankan ibadah haji dan umrah, terdapat serangkaian aktivitas yang tidak boleh diabaikan, yaitu rukun haji dan umrah. Rukun ini wajib dilaksanakan karena jika tidak dikerjakan, haji dan umrah Anda tidak akan sah. 

Sebagai seorang Muslim, penting untuk memahami dan mengerti apa saja rukun haji dan umrah, sebab haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib dilaksanakan.

BACA JUGA:MasyaAllah! Ini Hikmah Tawaf Dalam Ibadah Haji dan Umrah yang Tertulis di Al-Quran

Salah satu rukun haji yang mungkin tampak sederhana tetapi sangat penting adalah tahallul. Apa itu tahallul? Tahallul adalah tindakan mencukur sebagian atau seluruh rambut setelah melaksanakan rukun sa'i dalam ibadah haji dan umrah. 

Secara harfiah, tahallul berarti "menjadi boleh atau halal". Ini menandakan bahwa setelah melakukan tahallul, Anda diperbolehkan kembali melakukan hal-hal yang sebelumnya dilarang selama dalam keadaan ihram.

Dengan dilaksanakannya tahallul, maka berakhirlah seluruh rangkaian ibadah umrah yang Anda jalani. Bisa dikatakan, tahallul merupakan rukun penting dalam rangkaian ibadah umrah yang harus Anda laksanakan dengan benar. 

BACA JUGA:Ini Alasan Kominfo Bakal Blokir X dan Telegram, Gimana Nasib Warga RI?

Di balik tahallul, terdapat berbagai hikmah yang bisa diambil selama kita melakukannya dengan baik dan benar. Tahallul bukan hanya sekedar ritual mencukur rambut, tetapi juga melambangkan penyucian diri dan ketaatan penuh kepada Allah SWT. 

Ini menjadi penanda bahwa seseorang telah menyelesaikan rangkaian ibadah dengan sebaik-baiknya, dan siap kembali ke kehidupan sehari-hari dengan semangat dan keimanan yang diperbaharui.

Lantas apa Hikmah Tahallul? Tahallul atau mencukur rambut. Memiliki hikmah pengikisan sikap sombong, takabur, dan arogan di dalam hati. Dalam hal ini rambut sering dilambangkan sebagai mahkota keindahan.

BACA JUGA:Hati-hati! Modus Penipuan Hipnotis Kembali Muncul di Jakarta, Kenali Ciri-cirinya Berikut Ini

Tahallul juga memiliki hikmah yang merupakan tanda telah bebas dari larangan ketika ihram. 

Selain itu, tahallul memiliki makna pembersihan diri, meninggalkan pikiran-pikiran kotor, meninggalkan hal yang tak bermanfaat dan seterusnya. Selanjutnya, bisa Anda lanjutkan dalam kehidupan sehari-hari untuk melakukan hal-hal baik ketika pulang dari haji atau umrah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: