Iklan dempo dalam berita

Lebih dari 40 Tahun Menulis Sastra Jawa, Sunarko Sodrun Terima Reward Kemendikbud

Lebih dari 40 Tahun Menulis Sastra Jawa, Sunarko Sodrun Terima Reward Kemendikbud

Sunarko Sodrun Terima Reward Kemendikbud--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Profil Sunarko Sodrun penulis Sastra Jawa dapat penghargaan Kemendikbud, sempat jadi wartawan.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Majalengka Jawa Barat 2024, Lengkap!

Adalah Sunarko Sodrun Budiman. Salah satu sastrawan kenamaan asal Tulungagung yang menorehkan tinta emas dengan meraih penghargaan dari Balai Bahasa Kemendikbud Ristek Kategori Pengarang berkarya lebih dari 40 tahun di 2024. 

BACA JUGA:10 Rangkaian Ibadah Haji yang Harus Anda Ketahui, Mulai dari Ihram Hingga Tawaf Wada

Pria asal Dusun Surenpaten Desa Balerejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Ditemui di rumahnya, berbekal maps yang diberikan oleh salah satu jurnalis langsung menuju Bale Surenpaten. 

Cukup mudah, lantaran hanya beberapa ratus meter dari Jalan Raya Tulungagung-Trenggalek tepat di depan Pengadilan Agama (PA) Tulungagung ada gang masuk. 

BACA JUGA:421 Desa di Kabupaten Garut 2024 Dibanjiri Dana Desa, Segini Rinciannya Per Desa

Dilansir dari VIVA Jatim, Sunarko Sodrun Budiman menemui penulis dengan sambutan hangat. Layaknya sahabat yang sudah kenal lama. 

Obrolan pun dilanjutkan agar tidak mengulang kembali mencoba langsung merekam jejak awal pria Alumnus Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Tulungagung pada tahun 1970an ini.  

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Pringsewu 2024, Lebih dari 35 Desa Dapatkan Kucuran Dana hingga Rp1 Miliar

"Mulai menulis sejak saya masih sekolah di Sekolah Pendidikan Guru Negeri Tulungagung tahun 1978 itu dimuat di (Majalah) Joyoboyo pertama. Tahun 1980 saya menulis fiksi untuk anak-anak, berbahasa Indonesia dan diterbitkan di buku. Lalu menekuni Bahasa Jawa 1982," terang Sunarko Sondrun.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Cirebon untuk 412 Desa, Kamu Orang Cirebon, Cek Sini Berapa Alokasi Dana di Desamu

Pada tahun itu, dirinya masuk Sanggar Sastra Triwida. Menulis cerita remaja yang berjudul 'Wah Jan Sodrun' hingga mendapat apresiasi dari TVRI Surabaya. 

Pasalnya tulisan tersebut memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri dalam mengibaratkan sosok artis pada zamannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: