Iklan dempo dalam berita

Rincian Dana Desa Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan 2024, Ini Desa yang Mendapatkan Nominal Terbesar

Rincian Dana Desa Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan 2024, Ini Desa yang Mendapatkan Nominal Terbesar

Rincian Dana Desa di Kabupaten Pangkajene Tahun 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Rincian dana desa Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan 2024, ini desa yang mendapatkan nominal terbesar.

Dana desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diperuntukkan bagi desa-desa di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Janjikan Nilai Bagus, Guru SMA Ini Ajak Siswinya ke Hotel lalu Terjadilah Begituan

Dana ini ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan penting di desa, termasuk penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Penggunaan dana desa diatur melalui Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Dana desa dialokasikan oleh pemerintah pusat untuk setiap desa dan dihitung berdasarkan beberapa kriteria, seperti jumlah penduduk, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah, Mulai dari Arsitektur Bersejarah hingga Wisata Alam

Penyaluran dana desa dilaksanakan secara bertahap sepanjang tahun anggaran berjalan.

Dana desa telah terbukti memberikan manfaat besar bagi pembangunan di tingkat desa.

Penggunaan dana ini sangat beragam, mencakup pembangunan infrastruktur seperti jalan desa, jembatan, pasar desa, serta fasilitas penting lainnya seperti dermaga perahu, kolam, dan irigasi.

Selain itu, dana desa juga digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pembangunan fasilitas olahraga, penyediaan air bersih, dan pembangunan fasilitas sanitasi seperti mandi, cuci, kakus (MCK).

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Bulukumba 2024 di 109 Desa, Simak Desa dengan Total Dana Terbesar

Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) di Provinsi Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang menerima alokasi dana desa setiap tahunnya.

Kabupaten ini terdiri dari 13 kecamatan, 38 kelurahan, dan 65 desa. Pada tahun 2017, luas wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan adalah 1.132,08 km² dengan jumlah penduduk mencapai 361.636 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: