Iklan dempo dalam berita

Daftar Tarif Tol Termurah di Indonesia, Mulai dari Rp 5 Ribuan!

Daftar Tarif Tol Termurah di Indonesia, Mulai dari Rp 5 Ribuan!

Trif Tol Termurah di Indonesia--

Tarif tol bisa bervariasi tergantung ruas hingga jenis kendaraannya, baik itu mobil penumpang berukuran kecil, bus hingga truk bermuatan.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini Daftar Air Terjun Terindah di Indonesia, Siap Bikin Kamu Terpukau

Namun yang membuat penasaran, yaitu faktor apa saja yang membuat tarif di jalan tol bisa berbeda-beda? Menurut CEO Toll Road Business Group Astra Infra, Kris Ade Sudiyono, penetapan tarif jalan tol ditetapkan oleh sistem yang ditentukan oleh pihak pengelola tol.

"Sistem penetapan tarif jalan tol ada dua, yang pertama sistem terbuka atau istilahnya jauh dekat sama," ujar.

Untuk sistem terbuka, pengguna jalan tol dikenakan tarif yang sama di mana pun kendaraannya masuk maupun keluar suatu jalan tol."Ruas jalan tol yang menerapkan sistem terbuka yakni Tol JORR 1," ungkapnya.

BACA JUGA:Review Hyundai Casper EV 2024, Kira-kira Berapa Harganya? Coba Cek di Sini

Lanjut menurut Kris, penetapan tarif tol kedua ialah sistem tertutup. Sistem tertutup ini kebalikan dari sistem terbuka dengan penetapan tarif berdasarkan jarak tempuh.

"Sistem tertutup menetapkan tarif berdasarkan jauh kilometer perjalanan suatu kendaraan di tol," tutur Kris lagi. "Jadi hitungannya yaitu panjang perjalanan di dalam tol dikalikan tarifnya," jelasnya.

Sistem ini dinamakan tertutup karena setiap kendaraan bisa saja memiliki perbedaan  biaya, atau tergantung dari lokasi masuk dan keluarnya kendaraan di jalan bebas hambatan tersebut.

BACA JUGA:Tameng Adat Melayu Kecam Pernyataan Ketua Jaringan Masyarakat Batak Riau

Informasi Tambahan

Sebagai informasi tambahan berikut ini 9 jenis e-money untuk bayar tol:

1. e-mOney Mandiri

e-mOney Mandiri adalah uang elektronik berbentuk kartu yang banyak beredar di Indonesia, yang secara khusus diterbitkan oleh Bank Mandiri untuk pembayaran tol di Indonesia.

Batas saldo tersimpan dalam e-mOney Mandiri sebesar Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah) per kartu dengan maksimal total saldo dalam satu bulan mencapai Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: