Iklan dempo dalam berita

Lebih Hemat, Begini Cara Cas Mobil Listrik di Rumah, Mudah Dilakukan!

Lebih Hemat, Begini Cara Cas Mobil Listrik di Rumah, Mudah Dilakukan!

Cara Cas Mobil Listrik--

Setelah pengisian selesai atau mencapai tingkat daya yang diinginkan, lepaskan kabel pengisian dari mobil dengan hati-hati. Pastikan Anda menyimpan kabel dengan rapi untuk penggunaan selanjutnya.

Jenis Pengisian Baterai Mobil Listrik

Sebelum mengetahui biaya charge mobil listrik, mari mempelajari dahulu bagaimana cara prinsip pengisian daya mobil listrik. Prinsip mengisi daya mobil listrik sebenarnya sederhana karena sama dengan mengisi baterai pada umumnya.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Ini Rekomendasi Air Radiator yang Bagus untuk Mobil Tua, Apa Saja?

Paling penting adalah ada komponen-komponen pengisian baterai yaitu sumber listrik, adaptor, dan konektor yang terhubung ke baterai. Berikut 2 cara pengisian daya baterai mobi listrik:

1. On-board Charger

Prinsip charge mobil listrik ini adalah pengisi dayanya sudah terpasang dalam mobil. Listrik yang masuk menggunakan arus bolak-balik (AC).

On-board charger ini yang berfungsi sebagai adaptor yang mengubah arus bolak-balik (AC) dari luar menjadi arus searah (DC), sehingga daya masuk ke dalam baterai.

2. Off-board Charger

Charger mobil listrik ini prinsipnya adalah pengisi daya dari jenis mobil listrik yang charger-nya terpisah, tidak menjadi satu dengan sistem pengisian baterai di dalam mobil. Sehingga listrik yang masuk adalah arus searah (DC) yang bisa masuk ke dalam baterai untuk mengisi daya.

Kebanyakan mobil listrik yang beredar saat ini menggunakan sistem on-board charger, sedangkan off-board charger masih jarang ditemui.

Demikianlah ulasan mengenai, segini biaya cas mobil Listrik, biar hemat begini cara cas mobil listrik di rumah.

 

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: