Iklan dempo dalam berita

Info Haji, Biaya Pelunasan Haji Provinsi Bengkulu Sekitar Rp 21 Juta

Info Haji, Biaya Pelunasan Haji Provinsi Bengkulu Sekitar Rp 21 Juta

Biaya pelunasan haji Provinsi Bengkulu sekitar Rp 21 Juta --

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden No. 7 Tahun 2023, telah menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2023. 

BACA JUGA:Gempa Hari Ini, Gempa 3,6 SR Guncang Bukittinggi

Khusus Provinsi Bengkulu, BPIH mengikuti Embakrasi Padang. Karena haji Bengkulu menginduk ke Embarkasi Padang, biaya hajinya sebesar Rp 46.044.850. BPIH Bengkulu atau Embarkasi Padang ini termasuk dalam tiga BPIH terendah.

Selanjutnya untuk waktu pelunasan, disampaikan Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Intihan, saat ini masih menunggu edaran kementerian agama.

BACA JUGA:Puluhan Lansia Sidomulyo Terima Santunan Sembako dari Dompet Dhuafa

“Kita menunggu petunjuk lebih lanjut (jadwal pelunasan biaya haji), edaran dari Kemenag,” kata Intihan. 

Di Provinsi Bengkulu ada 1.636 CJH yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Terdiri dari 747 CJH reguler yang berangkat sesuai porsi haji, dua CJH lunas tunda 2022 dan 898 CJH lunas tunda 2020, yang gagal berangkat karena keterbatasan usia. 

BACA JUGA:PENTING! Untuk Penerima PKH Perhatikan Data Ini, Sudah Ada yang Gagal Dapat PKH Karena Kesalahan Data

Untuk CJH reguler, yakni berangkat sesuai porsi haji 2023 biaya pelunasan diprediksi sekitar Rp 21 juta. Jumlah ini dikurangi dengan setoran awal CJH kepada bank. BPIH ini akan digunakan untuk biaya penerbangan haji, biaya hidup dan sebagian layanan ibadah di Arafah, Muzdalifah dan Mina.

“Sekitar 21 juta rupiah biaya pelunasannya (untuk CJH reguler). Besaran Bipih sebagaimana dimaksud dipergunakan untuk biaya, penerbangan haji, biaya hidup (living cost) dan sebagian biaya layanan Arafah, Mudzalifah, dan Mina,” tambah Intihan.

BACA JUGA:Pasca Truk Masuk Jurang di Tebing Batu, Setengah Ton Kentang Tidak Bisa Diangkat dari Dalam Jurang

Sedangkan untuk CJH lunas tunda 2022 cukup membayar selisih biaya. Secara nasional adalah Rp 9,4 juta sedangkan CJH Bengkulu selisih biaya sekitar Rp 7 juta. Lalu untuk jemaah lunas tunda 2020 tidak dikenakan biaya tambahan. 

Salah satu CJH asal Kota Bengkulu yang akan berangkat tahun ini adalah Rosna Hayati Arifin. Dirinya mendaftar pada April 2012 lalu dan telah menunggu selama 11 tahun. Untuk biaya pelunasan sudah disiapkan.

BACA JUGA:Sikat 12 Velg Mobil, Tiga Remaja Digulung Tim Puyang Serawai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: