Iklan dempo dalam berita

Di Negara Berikut Tidak Ada Masjid, Bagaimana jika Mau Sholat?

Di Negara Berikut Tidak Ada Masjid, Bagaimana jika Mau Sholat?

Daftar negara yang tidak memiliki masjid--

Mengetahui umat Islam berhijrah ke Madinah, kaum kafir Quraisy pun menyusun rencana untuk membunuh Nabi. Mereka khawatir dengan kekuatan baru Islam yang terbentuk di Madinah.

Dalam rencana itu, setiap kabilah diminta untuk mengajukan pemuda tangkas bersenjata. Tujuannya tidak lain adalah untuk membunuh Nabi bersama-sama.

Sementara itu, sore hari sebelum penyergapan, Nabi telah mendapatkan petunjuk dari Jibril untuk melakukan hijrah. Ia pun segera menemui Abu Bakar untuk menyusun strategi hijrah. 

Nabi meminta Ali bin Abi Thalib untuk tinggal di rumahnya, menjaga barang-barang yang ada di dalamnya.

Hingga tiba saat penyergapan, kaum kafir Quraisy tidak menemukan Nabi Muhammad, melainkan Ali yang mengenakan selimut hijau milik Nabi.

BACA JUGA:Penting, Begini Cara Membedakan Status Jalan Berdasarkan Tingkat Kewenangannya

Pada waktu itu, Nabi dan Abu Bakar telah meninggalkan rumah. Mereka menuju Madinah dengan memilih rute dan waktu yang tidak seperti perjalanan pada umumnya.

Dalam perjalanan, Nabi dan Abu Bakar sempat singgah di Gua Tsur selama tiga hari. Di gua ini, Nabi dan Abu Bakar bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy.

Setelah merasa aman, Nabi dan Abu Bakar melanjutkan perjalanan menuju Madinah. Sebelum tiba di Madinah, Nabi singgah di Quba, sebuah daerah yang berjarak sekitar lima kilometer dari pusat kota Madinah.

Nabi tinggal di Quba selama empat hari dan kemudian membangun sebuah masjid yang sekarang terkenal dengan nama Masjid Quba.

Abdurrahman bin Abdul Karim menyebutkan dalam bukunya yang berjudul Sejarah Terlengkap Nabi Muhammad SAW: Dari Sebelum Masa Kenabian hingga Sesudahnya, batu pertama diletakkan oleh Rasulullah SAW kemudian berturut-turut diletakkan oleh Abu Bakar, Umar, Utsman, dan selanjutnya dikerjakan oleh para sahabat Muhajirin dan Anshar sampai selesai.

Selain itu, ketika membangun Masjid Quba, Nabi Muhammad SAW juga dibantu oleh Malaikat Jibril yang memberi petunjuk arah kiblat dari masjid tersebut. 

Di masjid ini pertama kalinya diadakan sholat berjamaah secara terang-terangan.

BACA JUGA:Perangkat Desa Diusulkan Masuk Kriteria PPPK, Ini Fasilitas yang Didapati PPPK, Jauh Lebih Besar

Masjid pertama yang dibangun Rasulullah ini disebutkan dalam Al-Qur'an surat at-Taubah ayat 108 yang disebut dengan nama Masjid Takwa,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: