Iklan dempo dalam berita

Jangan Keliru, Ini 9 Ciri-ciri Emas Palsu yang Wajib Diketahui Investor agar tidak Rugi

Jangan Keliru, Ini 9 Ciri-ciri Emas Palsu yang Wajib Diketahui Investor agar tidak Rugi

Ciri-ciri Emas Palsu--

Jika ingin tahu ciri emas asli dan palsu, gunakan cuka atau asam nitrat untuk membuktikannya. Caranya cukup mudah, yaitu meneteskan cairan cuka ke permukaan emas.

Emas yang memiliki kemurnian 99,9% atau setara dengan 24 karat tidak akan bereaksi terhadap cairan asam tersebut. Akan tetapi, emas palsu yang mengandung campuran logam mulia lainnya akan mengalami perubahan warna dan mendesis.

Meskipun bisa mencoba cara ini di rumah, sebaiknya tetap perhatikan keamanan prosedurnya. Gunakan sarung tangan dan laksanakan prosedur di ruangan dengan sistem ventilasi yang baik.

BACA JUGA:ESG Mission AHM, Astra Motor Bengkulu Beri Edukasi Green Kalcer, Mengolah Limbah Rumah Tangga

3. Bersifat Magnetis

Meskipun termasuk dalam golongan logam mulia, emas bersifat nonmagnetis. Maka dari itu, cara melihat emas asli dan palsu adalah dengan mendekatkannya ke magnet.

Ketika didekatkan ke magnet, emas palsu akan bereaksi karena mengandung campuran logam magnetis lain, seperti aluminium, besi, dan tembaga. Biasanya, perhiasan emas yang telah tercampur logam mulia lain bereaksi jika didekatkan dengan magnet.

Pasalnya, kadar emas yang bagus untuk perhiasan adalah sekitar 75% atau setara dengan 18 karat.
Logam lain dengan persentase 25% ditujukan untuk meningkatkan ketahanan emas. Sejatinya, emas asli bersifat lunak dan mudah berubah bentuk apabila terbentur.

BACA JUGA:InsyaAllah Sembuh! Ini Rekomendasi Obat Herbal Ambeien dr Zaidul Akbar, Pakai 3 Bahan Ini

4. Tidak Adanya Hallmark

Produk emas asli umumnya ditandai dengan hallmark yang biasanya berbentuk stempel. Setiap hallmark mengindikasikan kadar emas atau keasliannya. Biasanya, hallmark ditulis dalam satuan karat ataupun nomor yang terdiri dari tiga digit, seperti 750, 916, dan 999.

Namun, perlu diketahui bahwa emas palsu juga biasanya memiliki replika hallmark yang terlihat asli. Maka dari itu, cara ini tidak selalu akurat.

5. Deringnya Pendek dan Tidak Begitu Nyaring

Dering pendek merupakan salah satu ciri-ciri emas palsu yang perlu dicatat. Cara mengetahuinya adalah dengan menjatuhkan emas pada permukaan keras, seperti keramik.

Emas asli cenderung berdering lebih panjang dan terdengar nyaring. Di sisi lain, emas palsu memiliki suara dering yang lebih pendek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: