Iklan dempo dalam berita

Ini Daftar 37 Desa Terdampak Pembangunan Tol Getaci di Kabupaten Garut, Desa Mana saja?

Ini Daftar 37 Desa Terdampak Pembangunan Tol Getaci di Kabupaten Garut, Desa Mana saja?

Desa yang dilalui proyek jalan tol Getaci--

Proyek Tol Getaci merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022. Proyek ini menargetkan penyelesaian ruas Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya pada tahun 2024.

Profil Jalan Tol Getaci

Tol Getaci akan melintasi dua provinsi di Pulau Jawa, yaitu Jawa Barat dan Jawa Tengah, dengan total panjang 206,65 kilometer. 

Rinciannya adalah 171,40 kilometer di Jawa Barat dan 35,25 kilometer di Jawa Tengah. Dengan panjang ini, Tol Getaci akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia, mengalahkan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang memiliki panjang 189 kilometer.

BACA JUGA:Ini Bahaya Mengonsumsi Buah Kecubung Sembarangan, Bisa Sebabkan Kematian

Seksi-seksi Tol Getaci

Tol Getaci terdiri dari empat seksi, yaitu:

1. Seksi 1: Junction Gedebage-Garut Utara (45,20 kilometer)

2. Seksi 2: Garut Utara-Tasikmalaya (50,32 kilometer)

3. Seksi 3: Tasikmalaya-Patimuan (76,78 kilometer)

4. Seksi 4: Patimuan-Cilacap (34,35 kilometer)

Tol ini juga akan dilengkapi dengan 9 simpang susun dan 1 junction, yaitu Junction Gedebage yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi).

Dampak Sosial dan Ekonomi

Pembangunan Tol Getaci tidak hanya berdampak pada infrastruktur transportasi, tetapi juga pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar daerah yang terdampak. 

Proses pembebasan lahan, meskipun bertujuan untuk pengembangan, dapat menyebabkan perubahan besar dalam kehidupan sehari-hari penduduk setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: