Iklan dempo dalam berita

Imigrasi Umumkan Paspor RI yang Baru! Ini Bocoran Warna dan Kelebihan Paspor Baru RI, Berlaku Mulai Agustus

Imigrasi Umumkan Paspor RI yang Baru! Ini Bocoran Warna dan Kelebihan Paspor Baru RI, Berlaku Mulai Agustus

Bocoran Warna dan Kelebihan Paspor Baru RI--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Imigrasi umumkan paspor RI yang baru! ini bocoran warna dan kelebihan paspor baru RI, berlaku mulai Agustus.

Paspor adalah dokumen identitas yang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara kepada warga negaranya. Fungsinya sangat penting sebagai tanda identitas yang menunjukkan seseorang adalah warga negara Indonesia.

BACA JUGA:Daftar Gunung Api Aktif di Indonesia, Ada Dimana Saja? Ini Lokasinya

Paspor ini digunakan saat melakukan aktivitas bisnis, menempuh pendidikan, atau sekadar liburan di negara tujuan. Paspor juga dapat menjadi pengganti KTP saat berada di luar negeri.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah mengumumkan bahwa paspor Indonesia akan resmi berganti warna pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Pergantian ini bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Silmy Karim, mengatakan bahwa pergantian warna paspor tersebut dilakukan untuk meningkatkan keamanan.

"Nanti akan ada tambahan pengamanan di paspor baru demi meningkatkan keamanan," ungkap Silmy. Silmy juga menambahkan bahwa perubahan warna paspor ini bertujuan untuk menghindari pemalsuan. Paspor baru ini akan memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan uang kertas yang beredar.

BACA JUGA:Jenis Mobil yang Tidak Boleh Isi Pertalite, Avanza dan Xenia Masuk?

Pada uang biasa, bahan pencetaknya menggunakan tinta UV, tinta intaglio, kertas khusus, pita pengamanan, tanda air, dan teknologi hologram.

"Sementara di paspor, selain pengamanan yang ada di uang kertas, ditambahkan juga chip elektronik yang memuat data biometrik dan teknik dalam mencetak (perso)," jelasnya. Chip elektronik ini akan menyimpan data biometrik pemilik paspor, seperti sidik jari dan foto digital, sehingga akan sangat sulit dipalsukan.

Saat ini, paspor baru masih dalam tahap desain. Silmy mengungkapkan bahwa paspor dengan warna baru direncanakan akan terbit satu tahun setelah desain baru resmi diumumkan.

"Untuk penerbitannya, direncanakan pada 17 Agustus 2025," kata Silmy.

Mengenai bocoran desain dan warna paspor baru, Silmy hanya mengatakan bahwa nantinya paspor akan memakai tone warna khas Indonesia.

BACA JUGA:Hobi Ambil Foto Aesthetic? Yuk Hasilkan Cuan! Begini Cara Jual Foto di Internet Untung Besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: