Iklan dempo dalam berita

Ini Batas Pembelian Pertalite 2024, Ketahui Daftar Mobil yang Diperbolehkan Isi

Ini Batas Pembelian Pertalite 2024, Ketahui Daftar Mobil yang Diperbolehkan Isi

Batas pembelian pertalite untuk mobil--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini batas pembelian Pertalite 2024, ketahui daftar mobil yang diperbolehkan isi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah berencana membatasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi

BACA JUGA:Selain Ancam Kakak, Ini yang Dilakukan Sang Adik, Ribut Gara-gara Tabut

Langkah tersebut menjadi upaya dalam mendorong penyaluran BBM subsidi lebih tepat sasaran, serta dapat menghemat anggaran negara. 

"Sekarang Pertamina sudah menyiapkan, kita berharap 17 Agustus ini kita sudah bisa mulai, di mana orang yang tidak berhak dapat subsidi itu akan bisa kita kurangi," ujar Luhut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan, pemerintah masih memproses revisi Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 mengenai pembatasan distribusi BBM bersubsidi jenis Pertalite. 

Namun berdasarkan bocorannya, kriteria kendaraan yang nantinya dapat mengkonsumsi BBM RON 90 tersebut akan diatur berdasarkan cc atau kubikasi mesin kendaraan, dan pemanfaatannya.

"Jadi satu cc-nya, kemudian pemanfaatannya, pemanfaatannya untuk siapa untuk kepentingan siapa, misalnya untuk yang terkait dengan usaha kecil, pertanian, perkebunan," katanya.

Hanya saja, Arifin belum dapat bicara lebih jauh mengenai kriteria kendaraan yang bisa mengkonsumsi Pertalite, termasuk batas cc-nya. 

Dirinya hanya mengatakan, revisi aturan tersebut masih menunggu keputusan Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, hingga Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Kan nunggu yang tiga ini dulu, BUMN, Keuangan, ESDM, Perekonomian baru masuk untuk menentukan siapa yang masih bisa dapat," katanya.

Sementara itu, dalam revisi Perpres Nomor 191 Tahun 2014, pembatasan BBM bersubsidi dilakukan sesuai dengan kapasitas mesin. Untuk motor, hanya yang di bawah 250 cc. Sedangkan mobil, di bawah 1.400 cc.

Adapun mengenai batasan pembelian Pertalite mulai dilaksanakan 17 Agustus 2024, pemerintah Indonesia akan membatasi pembelian Pertalite untuk mobil dengan kapasitas mesin di bawah 1.400 cc12. Kebijakan ini bertujuan untuk memastikan subsidi BBM lebih tepat sasaran dan menghemat anggaran negara.

BACA JUGA:Pegadaian Terima Gadai Handphone, Ini Syarat dan Cara Menghitung Jumlah Uangnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: