Iklan dempo dalam berita

Masyarakat Desa Kungkai Baru Seluma Diajak Perkuat Perekonomian Berbasis Potensi Lokal

Masyarakat Desa Kungkai Baru Seluma Diajak Perkuat Perekonomian Berbasis Potensi Lokal

Sosialisasi perekonomian berbasis potensi lokal di Desa Kungkai Baru Kabupaten Seluma, Senin (22/7)--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM – Kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam mengembangkan sektor ekonomi berbasis potensi lokal, seperti pariwisata, kuliner, dan budaya di masa saat sekarang ini sangat diperlukan.

Hal itulah yang mendasari Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu untuk menggagas sosialisasi bersama masyarakat pada Senin 22 Juli 2024. 

BACA JUGA:HBA ke-64, Kajati Bengkulu Paparan Hasil Kinerja Durasi 6 Bulan, Uang Negara yang Diselamatkan RP 5 Miliar

Desa Kungkai Baru, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma dipilih menjadi lokus pelaksanaan sosialisasi bersama anggota DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi SP.,MN dan Suimi Fales S.H.,M.H.

Kantor desa pun diramaikan puluhan masyarakat yang antusias menjadi peserta sosialisasi membahas tema tentang penguatan perekonomian masyarakat berbasis potensi lokal. 

BACA JUGA:PT Ceres Buka Lowongan Kerja Besar-besaran Penempatan di Bandung, Buruan Daftar

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi SP.,MN menilai desa Kungkai Baru merupakan desa yang kaya akan potensi. Untuk sisi ekonomi, di sini banyak sekali kegiatan UMKM masyarakat, seperti budidaya ikan, belut, termasuk kepiting. Belum lagi penggilingan pakan ikan, pembuatan sosis dari lele juga ada. 

BACA JUGA:Harga 1 Unit Mobil Damkar Kapasitas 3 Ton, Ternyata Setara dengan Harga Mobil Mewah BMW iX12024

Selain itu, warganya juga aktif ditambah lagi dengan wisata Cemoro Sewu yang sudah mulai terkenal. Satu hal lagi, di desa ini ada wisata religi karena masyarakat di sini selain beragama islam, juga ada masyarakat Bali yang beragama Hindu. 

Bangunan-bangunan budaya termasuk tempat ibadahnya umat Hindu sangat eksotis, seperti di pulau Bali sehingga desa Kungkai Baru sudah mulai santer dikenal masyarakat. “Makanya saya mengeksplore desa ini, sebagai desa ke depan yang punya potensi ekonomi kuat, wisatanya maju dan budayanya luar biasa,” ungkap Jonaidi. 

BACA JUGA:Sudah Disalurkan, Ini Daftar Dana Desa di Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2024, Lengkap Semua Desa

Lain sisi, Kepala Desa Kungkai Baru Mahmudi menjelaskan, geliat perekonomian di desanya mulai kembali bangkit pasca covid-19. Salah satunya pengembangan wisata lokal desa, dan dari sana masyarakat menggali potensi lainnya. Baik di wisata religius, maupun wisata alam dan agrowisata yang kini dikembangkan. 

“Jadi memang banyak tantangan kita untuk mensinergikan antara kelompok-kelompok masyarakat dari berbagai latar belakang mereka, untuk menyatukan pemikiran dalam rangka membangun desa wisata ini,” jelas Mahmudi. 

BACA JUGA:Sudah Disalurkan, Ini Pembagian Dana Desa di Kabupaten Agam Tahun 2024, Lengkap Seluruh Desa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: