Iklan dempo dalam berita

Sekilas Mirip, Ini 5 Ciri-ciri Uang Palsu dan Cara Menghindarinya, Jangan Tertipu!

Sekilas Mirip, Ini 5 Ciri-ciri Uang Palsu dan Cara Menghindarinya, Jangan Tertipu!

Ciri-ciri Uang Palsu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sekilas mirip, ini 5 ciri-ciri uang palsu dan cara menghindarinya, jangan tertipu!

Uang merupakan salah satu konsep paling penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Ini bukan hanya selembar kertas atau potongan logam. Uang adalah simbol nilai yang dapat digunakan untuk memperdagangkan barang dan jasa.

BACA JUGA:Tunjangan Sertifikasi Guru PPPK 2024 Siap Cair, Segini Nominalnya

Namun, tak jarang dalam masyarakat, bentuk uang kini hadir dengan dua bentuk utama yaitu uang asli dan uang palsu dan hal ini sangat sulit untuk dibedakan.

Sebagaimana diketahui, kemajuan teknologi dalam pembuatan uang kertas, tak serta membuat uang sulit dipalsukan.

Sebenarnya ciri uang palsu tetap mudah dikenali. Sindikat pemalsu uang memiliki banyak cara membuat uang palsu semirip mungkin dengan pecahan uang asli.

Lalu, bagaimana ciri-ciri uang palsu dan cara membedakannya?

5 Ciri-ciri Uang Palsu

1. Tekstur Uang seperti Kertas Biasa

Uang palsu tentu pada umumnya dicetak dengan kertas biasa yang memiliki tekstur halus dan licin. Sedangkan uang asli memiliki tekstur yang kasar dan berserat lantaran terbuat dari serat kapas.

2. Tidak Multi Warna

Meski nyaris sama persis, warna uang palsu dan uang asli ternyata memiliki perbedaan jika dilihat dengan seksama. Uang asli pada umumnya memiliki berbagai warna alias multi warna jika dilihat dari sudut tertentu, sedangkan uang palsu tidak.

3. Benang Pengaman yang Menyatu

Uang kertas asli khususnya rupiah dibuat dari bahan serat kapas yang memiliki benang pengaman. Ini adalah tanda pada uang asli yang ditanam di tengah ketebalan kertas sehingga terlihat seperti dianyam dan tampak sebagai garis melintang dari atas ke bawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: