Iklan dempo dalam berita

Geram, Warga Tumpahkan 4 Truk Sampah ke Kantor Bupati dan DPRD Sintang, Ini Penyebabnya

Geram, Warga Tumpahkan 4 Truk Sampah ke Kantor Bupati dan DPRD Sintang, Ini Penyebabnya

Warga Tumpahkan 4 Truk Sampah ke Kantor Bupati dan DPRD Sintang--

BACA JUGA:Kenapa Presiden Indonesia Tidak Ada yang Kristen? Ini Ketentuan Menurut Undang-Undang

Menanggapi aksi tersebut, Asisten 2 Setda Sintang, Harysinto Linoh, menyatakan bahwa pihaknya sudah berencana untuk memberikan sarana dan prasarana baru guna mengatasi masalah sampah ini.

"Kami sudah berencana membeli armada baru untuk mengatasi sampah ini, intinya cari solusi yang terbaiklah," ujarnya singkat mewakili Pemkab Sintang.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, Kornelius Parang Kunci, menanggapi positif aksi warga tersebut.

Menurutnya, aksi ini sebagai bentuk protes yang wajar terhadap lambannya pemerintah dalam mengatasi tumpukan sampah di sekitar Kota Sintang. Sampah yang ditumpuk warga tersebut telah dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup pada Selasa sore.

"Kalau kita sih menanggapinya positif dengan aksi warga ini," kata Kornelius Parang Kunci, Selasa 23 Juli 2024.

BACA JUGA:Kenapa Presiden Indonesia Tidak Ada yang Kristen? Ini Ketentuan Menurut Undang-Undang

Ia menambahkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup sebenarnya sudah menjadwalkan pengangkutan sampah di sekitar Lingkar Jalan Hutan Wisata meskipun lokasi tersebut bukan TPS resmi yang ditetapkan oleh pemerintah. Kornelius juga sudah berkoordinasi dengan BKSDA Kalbar SKW II Sintang terkait tumpukan sampah di wilayah tersebut.

"Memang sebenarnya kita sudah ada jadwal untuk mengangkut sampah di Hutan Wisata. Rencana kita Jumat bersama warga. Tadi itu mau koordinasi dengan BKSDA karena memang pemilik lahan itu mereka. Tiba-tiba ada teman-teman melakukan aksi seperti ini. Ya kita ambil positifnya saja lah. Karena memang masyarakat jenuh juga melihat kondisi sampah di Sintang," ungkapnya.

Menurut Kornelius, lambannya penanganan sampah bukan semata-mata karena kekurangan TPS, melainkan karena Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sudah over kapasitas.

"Kedepan kita harap ada TPA baru. Itu kesulitan kita. Kemampuan alat kita melakukan pekerjaan di TPA sangat minim. Disamping kapasitas alat kecil, tidak sehat, sering rusak. Kita bersyukur juga dengan adanya aksi warga ini, ada bantuan dari warga yang masuk beberapa alat berat ke TPA," ujar Kornelius.

BACA JUGA:Cara Cek Asuransi Mobil, Mudah dan Cepat, Bisa Dilakukan Via Online Maupun Offline!

Aksi warga Sintang ini menunjukan sikap kejengkelan mereka terhadap penanganan sampah yang kurang efektif oleh pemerintah daerah. Dengan membawa sampah langsung ke kantor pemerintah, mereka berharap bisa mendapatkan perhatian yang serius dan solusi yang nyata untuk masalah yang telah lama mengganggu kenyamanan dan kesehatan mereka.

Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat, sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah ini dengan cepat dan efisien, sehingga Kabupaten Sintang bisa kembali menjadi lingkungan yang bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Demikianlah informasi mengenai, warga tumpahkan 4 truk sampah ke kantor Bupati dan DPRD Sintang, gara-gara kesal.

Sheila Silvina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: