Iklan dempo dalam berita

Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Oli Mesin Diesel untuk Mobil yang Tepat

Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Oli Mesin Diesel untuk Mobil yang Tepat

Tips Memilih Oli Mesin Diesel untuk Mobil yang Tepat--

2. Melihat Material Kandungan pada Oli

Cara kedua yang disarankan oleh Brahma adalah dengan melihat material kandungan pada oli tersebut.

“Ada bahan mineral atau sintetik. Untuk oli diesel modern lebih baik memakai oli dengan bahan dasar mineral untuk memberikan perlindungan maksimal,” sambungnya.

Salah satu oli yang cocok digunakan untuk mesin diesel modern adalah Fastron Diesel 15W-40.

Spesifikasi Fastron Diesel 15W-40

Pelumas buatan Pertamina ini memiliki spesifikasi API CI-4, sehingga cocok digunakan untuk mesin diesel modern, terutama yang berteknologi commonrail. 

“Oli Fastron Diesel ini punya kelebihan, yakni teknologi NanoGuard yang bisa melindungi lebih lama, terutama yang punya teknologi commonrail injection atau punya exhaust gas recirculation (EGR) dengan turbocharger,” kata Brahma.

Teknologi NanoGuard pada oli ini membantu dalam melindungi mesin lebih lama, khususnya pada mesin dengan teknologi commonrail injection dan EGR dengan turbocharger.

BACA JUGA:Ferrari akan Debut Mobil Listrik di Tahun 2025! Harganya Capai 500 Ribu Dolar AS Benarkah?

3. Keunggulan Teknologi NanoGuard

Pelumas Fastron Diesel juga dinilai mampu menetralisir asam hasil pembakaran yang dinotasikan dengan angka total base number (TBN). Untuk oli mesin diesel, umumnya memiliki angka TBN lebih dari 10 mgKOH/g. 

Asam ini berasal dari pembakaran sulfur yang terkandung dalam bahan bakar dan bersifat korosif. Oleh karena itu, oli harus diganti secara rutin karena lama-kelamaan angka TBN akan turun seiring pemakaian.

BACA JUGA:23 Mobil Listrik Terlaris Sepanjang 2024, Mobil Pabrikan Asal China Ini Penjualannya Tembus 3.615 Unit

Daya Lumas Maksimal

“Dengan daya lumas maksimal, tentunya akan meminimalisir gesekan di ruang mesin. Efeknya, performa mesin diesel modern akan terus terjaga dan lebih awet dipakai dalam waktu yang lama,” pungkas Brahma. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: