Iklan dempo dalam berita

Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Oli Mesin Diesel untuk Mobil yang Tepat

Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Oli Mesin Diesel untuk Mobil yang Tepat

Tips Memilih Oli Mesin Diesel untuk Mobil yang Tepat--

Kandungan zat pada oli juga dinilai mampu mereduksi getaran dan mengurangi suara berisik pada mesin. 

Penggunaan oli yang tepat bisa memberikan kedua efek tersebut, meskipun tidak bisa menghilangkannya sepenuhnya terutama pada mesin yang memiliki getaran dan suara kencang.

BACA JUGA:Diskon Mobil Brio Rp10 Juta di GIIAS 2024, Cek Harga Terbaru untuk Semua Variannya

Perlu diketahui mesin diesel juga mempunyai beragam keuntungan dibandingkan dengan jenis mesin pembakaran lainnya, seperti:

1. Membakar lebih sedikit bahan bakar bila dibandingkan dengan mesin bahan bakar bensin untuk menciptakan tenaga yang sama, karena mesin diesel memiliki suhu pembakaran dan rasio kompresi yang lebih tinggi, di mana pada umumnya mesin dengan bahan bakar bensin mempunyai tingkat efisiensi sebesar 30 persen, dan mesin diesel mempunyai efisiensi sebesar 45 persen.

BACA JUGA:5 Mobil Hybrid Termurah di GIIAS 2024, Ada yang Berkisar Rp 200 Juta, Cek Harga OTR di Sini

2. Tidak adanya tegangan listrik yang tinggi di sistem penyalaan mesin diesel yang menjadikan mesin diesel lebih tahan lama dan mudah untuk digunakan pada lingkungan yang keras, dan juga menghilangkan sumber gangguan pada frekuensi radio yang bisa mengganggu peralatan navigasi dan komunikasi yang disebabkan karena tidak adanya koil, kawat spark plug, dan yang lainnya.

BACA JUGA:Jangan Tergiur Harga Murah, Ini Ciri Kampas Rem Motor Honda Asli

3. Menggunakan suku cadang yang telah diperkuat, menjadikan mesin diesel memiliki daya tahan mesin dua (2) kali lebih lama apabila dibandngkan dengan mesin berbahan bakar bensin.4.  Bahan bakar mesin diesel lebih mudah didapatkan dan minim biaya untuk menghasilkannya, karena dapat dihasilkan langsung dari minyak bumi. Berbeda dengan mesin bahan bakar bensin yang memerlukan catalytic reforming atau proses mengubah naptha oktan rendah menjadi produk reformat dengan oktan tinggi.

BACA JUGA:DP dan Tabel Angsuran Kredit Mobil New Carry Pick-Up, Uang Muka Mulai Rp 25 Juta, Cocok Buat Usaha

5. Bahan bakar yang digunakan pada mesin diesel biasanya dianggap lebih aman, bila dibandingkan dengan bahan bakar yang digunakan untuk mesin bensin. Hal tersebut dikarenakan bahan bakar untuk mesin diesel tidak dapat meledak, tidak menghasilkan uap yang mudah terbakar dalam jumlah yang besar, dan juga mesin diesel tahan terhadap adanya vapor lock.

BACA JUGA:DP dan Angsuran Kredit Mobil Daihatsu All New Terios 2024, Cicilan Terendah Rp 4 Jutaan, Intip Pilihan Tenorny

6. Efusiensi pada bahan bakar mesin diesel atau massa yang dibakar per energi yang diciptakan nyaris konstan untuk beban parsial apapun, tidak seperti mesin bensin yang akan proporsional.

7. Mesin diesel mengeluarkan panas terbuang lebih sedikit bila dibandingkan dengan mesin dengan bahan bakar bensin.8.  Mesin diesel mampu menerima tekanan dari turbocharger atau juga supercharger tanpa adanya batasan atau bisa juga tergantung dari kekuatan komponen mesinnya. Sedangkan pada mesin bahan bakar bensin, tidak dapat menerima tekanan dari dua (2) jenis charger tersebut, dikarenakan dapat menimbulkan detonasi ataupun ketukan pada tekanan tinggi.

BACA JUGA:DP dan Tabel Angsuran Kredit Mobil Toyota Innova Rp38 Juta, Simak Cicilan Bulanannya Tenor 1 Hingga 5 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: