Iklan dempo dalam berita

Viral Banyak Bocil Datangi RSCM untuk Cuci Darah, IDAI Angkat Bicara

Viral Banyak Bocil Datangi RSCM untuk Cuci Darah, IDAI Angkat Bicara

Viral banyak bocil datangi RSCM untuk cuci darah--

Saat ini, IDAI justru menyoroti gaya hidup anak-anak yang semakin tidak baik, sehingga kasus-kasus diabetes, obesitas, dan gagal ginjal naik. Anak-anak sekarang cenderung malas berolahraga, jarang minum air putih, dan lebih suka minum minuman manis dalam kemasan.

BACA JUGA:Penipuan Jual Beli Rumah, Uang Rp 100 Juta Melayang, Rumah Tidak Dapat

Dr. Piprim menambahkan bahwa IDAI telah melakukan survei kepada remaja dan menemukan bahwa 1 dari 5 anak berada dalam kondisi hematuria dan proteinuria.

"Salah satu pakar ginjal IDAI bikin survei di anak-anak remaja usia 12-18 tahun. Ternyata 1 dari 5 anak remaja itu dicek urinenya terdapat hematuria dan proteinuria. Jadi ada darah dan protein dalam urine," kata dr. Piprim.

"Ini salah satu indikator awal kerusakan ginjal. Ini menunjukkan gaya hidup anak-anak kita usia 12-18 tahun ini sangat memprihatinkan. Pola makannya, pola geraknya, pola tidurnya yang sering begadang, dan malas berolahraga," tutupnya.

Dengan adanya berbagai faktor yang mempengaruhi kesehatan ginjal anak, penting bagi orang tua untuk lebih waspada dan memperhatikan pola hidup anak-anak mereka.

Pencegahan bisa dimulai dari rumah dengan menerapkan pola makan sehat, membatasi konsumsi minuman manis, dan mendorong anak-anak untuk lebih aktif bergerak dan berolahraga.

Selain itu, penting juga untuk rutin memeriksakan kesehatan anak ke dokter untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya masalah kesehatan, termasuk masalah pada ginjal.


Sheila Silvina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: