Iklan dempo dalam berita

Jangan Panik, Ini 4 Pertolongan Pertama Angin Duduk yang Bisa Dilakukan

Jangan Panik, Ini 4 Pertolongan Pertama Angin Duduk yang Bisa Dilakukan

Pertolongan Pertama Angin Duduk --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jangan panik, ini 4 pertolongan pertama angin duduk yang bisa dilakukan.

Angin duduk salah satu kondisi yang sering kali terjadi secara tiba-tiba, khususnya pada orang yang memiliki penyakit jantung.

BACA JUGA:Fenomena Tingginya Kasus Anak Cuci Darah, Ketum IDAI Bongkar Biang Kerok dan Penyebabnya

Meski bisa berakibat fatal, angin duduk yang segera ditangani dengan pertolongan pertama dapat membaik, bahkan mencegah kematian.

Angin duduk atau angina adalah rasa sakit di dada seakan ada beban berat yang menekan dada. Kondisi ini bisa menjadi gejala atau tanda dari gangguan pada jantung, seperti penyakit jantung koroner dan serangan jantung, yang membuat aliran darah ke otot jantung terhambat sehingga fungsinya terganggu.

Selain nyeri di dada, gangguan jantung bisa disertai sesak napas dan bahkan pingsan. Kondisi ini sering kali dipicu oleh olahraga yang berlebihan, stres, atau paparan suhu dingin.

Bila hal ini terjadi, pertolongan pertama perlu segera diberikan untuk meredakan gejala angin duduk dan menghindari perburukan kondisi, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung atau sering bersama orang yang menderita penyakit jantung.

BACA JUGA:Nyaris Merenggut Nyawa, Pengendara Motor Tertimpa Runtuhan Bongkahan Batu di Bawah Jalan Flyover Ciputat

Pertolongan Pertama Angin Duduk

Melansir dari alodokter.com, berikut ini adalah panduan pertolongan pertama angin duduk:

1. Hentikan aktivitas

Hal pertama yang perlu dilakukan saat mengalami angin duduk adalah hentikan semua aktivitas yang sedang dilakukan dan segeralah duduk. Duduk dan istirahat sejenak bisa membantu meredakan ketegangan jantung dan mengurangi nyeri dada.

2. Longgarkan pakaian yang ketat

Setelah istirahat, longgarkan pakaian dengan membuka kancing kerah baju dan celana. Ini bertujuan agar orang yang mengalami angina bisa bernapas dengan lebih mudah dan tekanan di dada berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: