Iklan dempo dalam berita

Fenomena Kasus Cuci Darah Didominasi Usia Muda, Apakah Penyakit Ginjal Bisa Disembuhkan

Fenomena Kasus Cuci Darah Didominasi Usia Muda, Apakah Penyakit Ginjal Bisa Disembuhkan

Fenomena Kasus Cuci Darah Didominasi Usia Muda--

Antioksidan dikenal sebagai senyawa yang dapat melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat menurunkan fungsi ginjal.

Selain itu, jurnal berjudul “Health Benefits of Anthocyanins and Their Encapsulation for Potential Use in Food Systems: A Review”, mencatat bahwa buah ini mengandung jenis antioksidan bernama anthocyanin yang mampu melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung, diabetes, serta penurunan daya pikir.

BACA JUGA:Wajib Tahu Kenapa Konsumsi Air Kelapa Muda Dilarang untuk Penyakit Ginjal

4. Nanas

Nanas merupakan buah yang baik untuk kesehatan ginjal karena rendah kalium dan kaya akan serat, magnesium, vitamin C, dan bromelain (enzim yang dapat membantu mengurangi peradangan juga bersifat sebagai antikanker).

Dalam 100 gram nanas diketahui mengandung 109 kalium, yang mana angka tersebut tergolong rendah jika dibandingkan dengan buah lain, seperti semangka (640 mg), pisang (420 mg), atau melon (473 mg). Rendahnya kadar kalium ini tidak akan membebani kerja ginjal.

BACA JUGA:Konsumsi Air Kelapa Sebabkan Gangguan Ginjal, Begini Penjelasannya dan Ini Waktu Terbaik Minum Air Kelapa Muda

5. Apel

Selain nanas, apel juga memiliki kadar kalium yang cukup rendah, yaitu 130 mg kalium per 100 gram, sehingga ramah untuk kesehatan ginjal. Buah ini mengandung serat yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah. 

Untuk memperoleh manfaatnya secara optimal, cobalah mengonsumsi apel bersama kulitnya. Namun, pastikan apel tersebut telah dicuci dengan bersih.

BACA JUGA:Banyak Mengandung Nutrisi, Ternyata Manfaat Air Kelapa juga untuk Kesehatan Ginjal

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung sumber lemak sehat atau lemak tak jenuh bernama asam oleat yang bersifat antiradang dan juga bebas fosfor. 

Lemak tak jenuh diketahui cukup stabil sehingga tidak mudah rusak ketika dimasak. Hal ini membuat minyak zaitun bisa menjadi pilihan minyak sehat untuk memasak.

BACA JUGA:Konsumsi Air Kelapa Bisa Terbentuknya Batu Ginjal, Tapi Berakibat 4 Hal Jika Diminum Berlebihan, Bahkan Fatal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: