Iklan dempo dalam berita

Mengetahui Kernel Sawit, Sumber Minyak Utama PKO Bahkan Bisa Dimakan

Mengetahui Kernel Sawit, Sumber Minyak Utama PKO Bahkan Bisa Dimakan

Mengetahui Kernel Sawit, Sumber Minyak Utama PKO Bahkan Bisa Dimakan--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Mengetahui kernel sawit, sumber minyak utama PKO bahkan bisa dimakan.

Pohon kelapa sawit (Elaeis guineensis dan Elaeis oleifera) adalah tanaman tropis yang berasal dari Afrika Barat dan Amerika Tengah dan Selatan. Pohon kelapa sawit memiliki batang yang tegak dan tinggi, dengan daun yang panjang dan berbentuk seperti bulu ayam. Tingginya dapat mencapai 20-30 meter dan memiliki umur produktif selama 25-30 tahun.

BACA JUGA:Harga Sawit di Jambi Periode 26 Juli Hingga 1 Agustus 2024 Melonjak Naik, Segini Angka Kenaikannya

Pohon kelapa sawit memiliki akar tunggang yang kuat dan dapat menyerap nutrisi dari tanah dengan baik. Buahnya berwarna merah dan berbentuk bulat, dengan kulit yang tebal dan berduri

Pohon kelapa sawit merupakan sumber utama minyak kelapa sawit yang digunakan dalam berbagai produk makanan dan non-makanan. Minyak kelapa sawit memiliki kandungan lemak yang tinggi dan tahan terhadap oksidasi, sehingga cocok digunakan sebagai bahan baku dalam industri makanan dan kosmetik.

BACA JUGA:Harga Sawit Sumatera Utara 2024 Naik Tipis, Segini Acuan Harga Per Kg, Periode 25-31 Juli

Mengetahui Kernel Sawit, Sumber Minyak Utama PKO Bahkan Bisa Dimakan

Kernel sawit atau yang lebih dikenal dengan inti kelapa sawit, merupakan biji yang terletak di dalam kulit buah kelapa sawit. Kernel kelapa sawit dapat dimakan langsung dan juga bisa diolah menjadi palm kernel oil. Banyak sekali jenis olahan PKO dalam produk yang kita gunakan sehari-hari, terkadang kita tidak menyadarinya. 

PKO adalah minyak yang dihasilkan dari kernel (biji) kelapa sawit. PKO lebih padat dan kental dibandingkan dengan jenis olahan kelapa sawit lainnya. Memiliki titik lebur yang lebih rendah serta berwarna bening alami karena kandungan vitamin E dan karoten yang tidak terlalu tinggi. Warna dan kualitas PKO dapat dipengaruhi oleh suhu tinggi di lingkungan sekitar. Ketika suhu di sekitarnya menjadi tinggi warna minyak ini akan menjadi lebih gelap. Komposisi PKO terdiri dari 80% asam lemak jenuh dan 20% lemak tak jenuh, berbeda dengan minyak sawit lainnya.

BACA JUGA:Tali Pengikat Terpal Putus, Sopir Truk Pengangkut Kernel Sawit Terjatuh dan Meninggal Dunia

PKO mengandung banyak jenis asam lemak, diantaranya asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprat, asam kaprilat, asam stearat, asam oleat, asam linoleat, dan masih banyak lagi. Semua asam lemak tersebut bermanfaat bagi tubuh, misalnya asam kaprat, asam miristat, dan asam laurat membantu meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Dengan banyaknya manfaat dari minyak ini, umumnya PKO dimanfaatkan oleh industri berikut:

- Industri pangan

Tingginya kandungan lemak jenuh dalam PKO membuatnya cocok dimanfaatkan dalam produksi bahan pangan. Biasanya hasil dari olahan PKO untuk pangan berupa minyak goreng, margarin, dan mentega. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: