Iklan dempo dalam berita

Mengetahui Kernel Sawit, Sumber Minyak Utama PKO Bahkan Bisa Dimakan

Mengetahui Kernel Sawit, Sumber Minyak Utama PKO Bahkan Bisa Dimakan

Mengetahui Kernel Sawit, Sumber Minyak Utama PKO Bahkan Bisa Dimakan--Foto: ist

BACA JUGA:Rincian Harga TBS Sawit Riau, Periode 24-30 Juli 2024, Kembali Turun 1,16%

Industri farmasi dan kosmetik

Karena adanya kandungan vitamin E dan asam lemak esensial, PKO digunakan sebagai salah satu bahan campuran utama dalam industri farmasi dan kosmetik, seperti obat-obatan, suplemen, sabun, shampo, dan peralatan make-up.

- Industri bioenergi dan pelumas

Seiring perkembangan teknologi dan kesadaran dunia akan energi terbarukan, maka PKO dipakai dalam campuran biodiesel dan biomassa lainnya, tidak ketinggalan pelumas.

- Industri pakan ternak

Ampas dari pengolahan kernel sawit juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pakan ternak. Hebat ya, dari kernel (biji) kelapa sawit sekecil kacang almond mampu menghasilkan minyak yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Penting untuk kalian ketahui juga, bahwa palm kernel oil (PKO) berbeda dari crude palm oil (CPO).

BACA JUGA:Dugaan Korupsi Replanting Kelapa Sawit, 15 Saksi Diperiksa Penyidik Pidsus Kejari Bengkulu Selatan

Crude palm oil atau yang dikenal juga dengan minyak sawit mentah diambil dari hasil pengolahan daging buah kelapa sawit dan merupakan komoditas utama pasar internasional. CPO memiliki warna merah kekuningan karena mengandung beta karoten sebagai antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Kandungan CPO lebih stabil dibandingkan PKO, karena CPO terdiri dari 50% asam lemak jenuh dan 50% asam lemak tidak jenuh. CPO memiliki banyak manfaat dan juga digunakan dalam banyak industri pangan, farmasi, kosmetik, sampai biofuel.

Serupa tapi tak sama, inilah PKO dan CPO. Semoga dengan pemaparan singkat ini kamu jadi lebih memahami tentang turunan, manfaat serta perbedaan pengolahan kelapa sawit. 

Itulah ulasan mengenai kernel sawit, sumber minyak utama PKO bahkan bisa dimakan.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: