Iklan dempo dalam berita

Efek Samping Imunisasi Polio Tetes yang Perlu Diketahui, Apakah Berbahaya?

Efek Samping Imunisasi Polio Tetes yang Perlu Diketahui, Apakah Berbahaya?

Efek Samping Imunisasi Polio Tetes--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Efek samping imunisasi polio tetes yang perlu diketahui, apakah berbahaya?

PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama sudah dilakukan pada 27 Mei 2024 lalu, kemudian saat ini sedang berlanjut untuk tahap kedua yang mana telah dimulai pada 23 Juli sampai 12 Agustus 2024.

BACA JUGA:Hati-hati! Ini 5 Bahaya Rokok Elektrik Jenis Pod Bagi Kesehatan

Efek PIN polio tetes 2024 perlu diketahui para orang tua. Vaksin yang tengah digalakkan pemerintah Indonesia dalam beberapa pekan ini wajib diberikan ke bayi dan anak-anak demi mengurangi penyebaran virus penyebab polio.  

Dilansir dari kumparan.com, efek PIN polio tetes 2024 tergolong ringan dan jarang terjadi, tapi tetapi perlu diwaspadai.

Merujuk buku Petunjuk Teknis Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio terbitan Kementerian Kesehatan RI, PIN Polio merupakan pemberian imunisasi tambahan polio untuk kelompok sasaran imunisasi agar mendapatkan imunisasi polio tanpa memandang status imunisasi yang telah dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dan kajian epidemiologi.

Dalam program pemerintah Indonesia, pencegahan polio dilakukan dengan pemberian dua jenis vaksin, yakni vaksin tetes atau oral polio vaccine (OPV) dan suntik atau inactivated polio vaccine (IPV).

Pemberian vaksin polio secara kombinasi tersebut bertujuan agar kekebalan tubuh lebih optimal dalam melawan virus polio.

BACA JUGA:Mengusung Konsep Ekowisata Berbasis PRB, Desa Wisata Nagari Amping Parak Masuk 50 Besar Ajang ADWI 2024

Jenis vaksin yang diberikan dalam PIN polio 2024 adalah Novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2) dan bivalent Oral Polio Vaccine (bOPV).

Vaksin tetes akan bekerja pada usus penerimanya dan virus polio dapat keluar melalui tinja selama 6 hingga 8 minggu usai pemberian vaksin.

Efek Samping Imunisasi Polio Tetes

Adapun efek PIN polio tetes 2024 adalah diare hingga lemas. Meskipun jarang terjadi, menurut situs RxList, individu penerima vaksin dengan sistem kekebalan tubuh lemah lebih rentan mengalami efek samping.

Sementara itu, dikutip dari Better Health Channel, efek samping untuk penerima vaksin suntik, yaitu nyeri otot, kemerahan, gatal, dan bengkak di tempat suntikan, demam, anak-anak tampak gelisah, dan terkadang terdapat benjolan di tempat suntikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: