Iklan dempo dalam berita

Jam Operasional Monas Dibatasi, Ini Alasan Kenapa Tak Dibuka Sampai Malam

Jam Operasional Monas Dibatasi, Ini Alasan Kenapa Tak Dibuka Sampai Malam

Ketentuan Jam Operasional Monas--

"Sudah tutup ya Bapak-Ibu, jam kunjung sudah habis," kata seorang petugas dengan ramah namun tegas.

Beberapa pengunjung yang hendak berkunjung terpaksa mengurungkan niat mereka karena tidak mengetahui bahwa jam operasional Monas hanya sampai pukul 16.00 WIB. Salah seorang warga, Dimas, mengaku baru mengetahui hal ini setelah sampai di lokasi.

"Saya kira jam 5 tutupnya, sudah telat, tadi dari Perpusnas terus ke sini, eh sudah tutup," katanya.

Warga lain, Diah, juga mengungkapkan kebingungannya. "Saya datang dari jam 1, tapi tadi keluar beli gorengan, mau masuk lagi, eh sudah tutup," ujarnya.

BACA JUGA:Hewan Sangat Langka dan Dilindungi Masuk Toko Emas, Hebohkan Warga karena Dikira Babi Ngepet

Alasan Pembatasan Jam Operasional

Pembatasan jam operasional Monas menjadi perbincangan publik, terutama bagi mereka yang ingin menikmati suasana malam di monumen bersejarah ini. Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, Isa Sanuri, menjelaskan bahwa jam operasional Monas dibatasi dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB demi keamanan dan kenyamanan pengunjung.

"Mengingat pentingnya aspek keamanan, terutama pada tahun politik ini, jam buka kawasan Monas masih dibatasi tidak sampai malam hari," kata Isa Sanuri di Jakarta, Sabtu, 27 Juli 2024.

Isa juga menyebutkan bahwa pembatasan jam operasional ini telah diberlakukan sejak pertengahan tahun 2022 dan terus diterapkan hingga saat ini. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil koordinasi dengan instansi keamanan yang terkait.

"Keamanan dan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas kami," ujarnya.

BACA JUGA:Misteri dan Mitos Dibalik Keindahan Gunung Padang Menurut Al Quran, Ada Penyimpanan Harta Karun

Potensi Perpanjangan Jam Operasional

Meski saat ini jam operasional Monas dibatasi, pihak pengelola Monas sedang menganalisa kemungkinan untuk memperpanjang jam operasional hingga pukul 22.00 WIB, terutama pada akhir pekan.

"Masih dalam analisa kami, untuk memperpanjang jam kunjungan hingga pukul 22.00 WIB pada Sabtu dan Minggu. Pastinya prioritas kami adalah keamanan dan kenyamanan pengunjung," kata Isa.

Kajian ini dilakukan agar masyarakat Indonesia dapat menikmati keindahan kawasan Monas pada malam hari serta berbagai hiburan lainnya dengan tetap menjaga keamanan dan kenyamanan. "Ini adalah upaya kami untuk memastikan bahwa masyarakat luas bisa menikmati Monas dengan aman dan nyaman," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: