Iklan dempo dalam berita

Tokoh Agung dan Mulia, Siapa Wali Qutub di Indonesia?

Tokoh Agung dan Mulia, Siapa Wali Qutub di Indonesia?

Siapa Wali Qutub di Indonesia?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tokoh agung dan mulia, siapa Wali Qutub di Indonesia?

Wali Qutub atau al-Ghauts merupakan seorang tokoh yang agung dan tuan mulia. Bagi umat manusia, peran Wali Qutub adalah menjelaskan rahasia hakikat ilahiyah.

BACA JUGA:Duh! Ramai-ramai Bank di Indonesia Tutup ATM, Ternyata Ini Alasan Sebenarnya

Dijelaskan dalam buku Lentera Para Wali karangan Chandra Utama, istilah ‘Wali Qutub’ bersumber dari Atsar ulama Salaf dan ‘Ghauts’ yang merupakan julukan populer di kalangan Shufi.

Wali Qutub merupakan wali yang sangat paripurna. Ia memimpin dan menguasai wali di seluruh alam semesta. Jumlahnya hanya satu di setiap masa. Hal ini dipertegas oleh perkataan Syeh Abdul Wahhad as-Sya’rani Ra.

“Tidak ada di antara mereka (ahli makrifat), dalam setiap waktu, kecuali adanya satu hamba Allah. Dialah al-Ghauts.”

Wali Qutub memiliki dua kedudukan yang menjadi alasan mengapa manusia perlu memahami keberadaan, kedudukan, dan keagungannya. Pertama, secara batiniah, Wali Qutub adalah inti dan pusat kehidupan makhluk di alam semesta.

Kedua, mengenal pribadi dan mengetahui Wali Qutub dapat membebaskan jiwa dari kemusyrikan serta sebagai teladan dalam kehidupan.

BACA JUGA:BMKG Keluarkan Imbauan Siaga Bencana Alam untuk 10 Daerah di Aceh, Waspada Cuaca Ekstrem

Lalu, siapa Wali Qutub Indonesia sekarang?

Habib Luthfi bin Yahya meminta berprasangka baik terhadap wali kutub di Indonesia yang ada di 3 daerah ini. Wali Kutub atau wali qutub adalah, orang yang mempunyai hubungan sangat dekat dengan Allah SWT dan memiliki posisi mulia.

Menegnai siapa wali kutub di Indonesia? Habib Luthfi bin Yahya mengungkapkan adanya para Wali Qutub di 3 daerah di tanah air.

Secara umum, Waliyullah atau kekasih Allah terdiri dari berbagai macam kategori. Salah satunya Wali Qutub yakni tingkatan paling tinggi di antara kategori lainnya.
Habib Luthfi bin Yahya juga mengatakan jika gelar wali qutub ini ternyata banyak juga disandang oleh para kiai dan ulama di Indonesia.

Habib Luthfi bin Yahya, yang juga sebagai Ketua Forum Sufi Dunia ini kemudian mengungkapkan keberadaan para Wali Qutub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: