Iklan dempo dalam berita

Skema Pembayaran Dana Pensiunan akan Diubah Pemerintah, Pensiunan PNS Bisa Terima Rp1 M

Skema Pembayaran Dana Pensiunan akan Diubah Pemerintah, Pensiunan PNS Bisa Terima Rp1 M

Skema Pembayaran Dana Pensiunan akan Diubah Pemerintah--

Adapun Pembayaran pensiun dengan skema Pay as you go seperti saat ini dilakukan setiap bulan dan lebih kecil dari gaji pokok PNS selama aktif yakni maksimal sebesar 75 persen dari gaji pensiun.

Pembayaran pensiun ini dilakukan hingga PNS tersebut meninggal dunia. Ketika pensiunan PNS meninggal maka janda dari PNS tersebut akan mendapatkan uang pensiun sebesar 36% dari gaji pensiun.

BACA JUGA:Catat! Ini Jadwal Pencairan Gaji 13 PNS dan Pensiunan 2024, Tinggal Menghitung Hari

Sementara fully funded akan membayar uang pensiun secara penuh pada saat PNS memasuki masa pensiun. Secara nominal, dana pensiun yang dibayarkan lebih besar dari skema pay as you go karena uang pensiunnya dibayarkan sekaligus.  

Jadi dari penjelasan perbedaan diatas, dengan sistem fully funded ketika PNS memasuki masa pensiun akan dibayar secara penuh bukan lagi dibayar perbulan dengan dana APBN seperti selama ini yang menggunakan skema pay as you go. 

BACA JUGA:Naik 12 Persen! Segini Gaji 13 Pensiunan PNS 2024, Catat Tanggal Pencairannya

Pada skema fully funded, dana pensiun PNS diambil dari persentase take home pay dan pembayarannya patungan antara PNS dan pemerintah sebagai pemberi kerja.

Sedangkan pay as you go diambil dari AIP, iuran yang dikelola PT Taspen dan dari pemerintah yang dialokasikan dari APBN.

BACA JUGA:Siap-siap! Taspen Segera Salurkan Gaji Ke-13 Pensiunan tanpa Potongan, Segini Besarannya

Demikianlah informasi mengenai skema dana pensiunan yang akan diubah pemerintah. Semoga bermanfaat.

(Nutri Septiana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: