Iklan dempo dalam berita

5 Kota Terkaya di Jawa Timur 2024, Ternyata Bukan Surabaya

5 Kota Terkaya di Jawa Timur 2024, Ternyata Bukan Surabaya

5 Kota Terkaya di Jawa Timur 2024--

BACA JUGA:Tajir Melintir! Ini Daftar 7 Pengacara Terkaya di Indonesia 2024, Hartanya Rp 4,5 Triliun 

Parameter kota terkaya berdasarkan data terakhir yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018. Tingkat kemakmuran kota atau kabupaten diukur lewat indikator pendapatan per kapita yang dihitung dari produk domestik regional bruto (PDRB) dibagi jumlah penduduk.

Dari parameter itu, Kediri menjadi kota paling makmur (tidak termasuk kabupaten) di Tanah Air. Kota ini memiliki pendapatan per kapita Rp449,23 juta/tahun, selisih cukup jauh dengan Kota Bontang (Rp337,95 juta) yang ada di posisi kedua.

Bahkan, nominal yang di catat Kediri tidak sampai separuh dari nominal PDRB per kapita yang dicatat Surabaya (Rp188,73 juta).

BACA JUGA:Segini Kekayaan JD Vance, Senator yang Dipilih Donald Trump Jadi Cawapres Pemilu Amerika Serikat 2024

2. Surabaya

Di urutan kedua kota terkaya di wilayah Jawa Timur ditempati Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan sekaligus metropolitan.

Berdasarkan data diketahui kota berlambang Ikan Sura dan Buaya ini PDRB-nya sebesar Rp227.075.02

Surabaya, kota pesisir yang gemerlap, tak hanya dikenal sebagai pusat bisnis dan industri yang berkembang pesat. Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya juga merupakan penjaga warisan budaya yang tak ternilai. 

BACA JUGA:Rumor Punya Harta Karun Emas 57 Ton, Intip Kekayaan Presiden Pertama Indonesia Soekarno Hingga Joko Widodo

3. Malang

Kota Malang menempati urutan ketiga sebagai kota terkaya di wilayah Jawa Timur. Menempati urutan ketiga kota terkaya di Jawa Timur, Malang memiliki PDRB per kapita pada tahun 2022 sebesar Rp100.230.

Sejarah kota Malang sendiri mulai pada 1879, Kota Malang mulai beroperasi kereta api dan sejak itu Kota Malang berkembang dengan pesat.

Sejumlah kebutuhan masyarakat meningkat terutama akan ruang gerak melakukan berbagai kegiatan sehingga mengubah tata guna tanah, daerah yang terbangun bermunculan tanpa terkendali.

Perubahan fungsi lahan mengalami perubangan sangat pesat seperti dari fungsi pertanian menjadi perumahan dan industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: