Iklan dempo dalam berita

Fakta Menarik Ayam Cemani, Harganya yang Mahal hingga Kerap Dikaitkan untuk Pengobatan

Fakta Menarik Ayam Cemani, Harganya yang Mahal hingga Kerap Dikaitkan untuk Pengobatan

Ayam Cemani --

BACA JUGA:10 Cara Mudah Mendapatkan Uang, Tanpa Perlu Modal, Gen Z Pemula Wajib Tahu

2. Satu-satunya yang tak berwarna hitam adalah telur

Meskipun ayam cemani hampir seluruhnya berwarna hitam, ada satu bagian yang tidak berwarna hitam, yaitu telurnya. Telur ayam cemani tampak seperti telur ayam biasa yang berwarna cokelat muda. 

Menurut Heritage Acres Market, ayam cemani mulai bertelur pada usia 5-6 bulan. Namun, ayam cemani termasuk jenis ayam yang sulit bertelur. 

Mereka hanya menghasilkan sekitar 60-100 telur per tahun, jauh lebih sedikit dibandingkan ayam betina pada umumnya yang dapat menghasilkan hingga 250 telur per tahun.

3. Berasal dari Jawa dan dianggap memiliki kekuatan mistis

Ayam cemani berasal dari Pulau Jawa, Indonesia, dan telah ada sejak masa Kerajaan Majapahit. Bagi masyarakat Jawa, ayam ini dipercaya memiliki kekuatan mistis yang sering digunakan dalam berbagai ritual. 

Ayam cemani diyakini mampu mengusir makhluk halus dan mendatangkan keberuntungan. 

Selain itu, ada juga kepercayaan bahwa mengkonsumsi ayam cemani dapat menyembuhkan penyakit yang sulit disembuhkan dan membantu pasangan yang kesulitan mendapatkan keturunan.

BACA JUGA:Kajati Riau Resmikan dan Tanda Tangan Prasasti Bilik Damai Lembaga Adat Melayu (LAMR)

4. Memiliki daging dan telur yang kaya nutrisi dan manfaat kesehatan

Meskipun dagingnya berwarna hitam, daging ayam cemani sebenarnya sangat kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Dilansir dari Nature of Home, daging ayam cemani mengandung protein yang lebih tinggi dan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan ayam broiler. Oleh karena itu, ayam cemani bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memperkaya menu harian dengan protein. 

Selain daging, telur ayam cemani juga mengandung banyak nutrisi penting. Telur ini mengandung vitamin A, D, E, zat besi, kalsium, dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

BACA JUGA:Siswa SD Diduga Keracunan Akibat Permen Semprot, Dinkes Kota dan BPOM Bengkulu Sidak 3 Distributor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: