Iklan dempo dalam berita

Dampak Cuaca La Nina Terhadap Kesehatan, BMKG Prediksi Sampai ke Indonesia Awal Agustus

Dampak Cuaca La Nina Terhadap Kesehatan, BMKG Prediksi Sampai ke Indonesia Awal Agustus

Dampak Cuaca La Nina Terhadap Kesehatan, BMKG Prediksi Sampai ke Indonesia Awal Agustus--foto:ist

BACA JUGA:Agustus La Nina Masuk ke Indonesia, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Waspada Cuaca Ekstrem di 18 Wilayah

“Diprediksi sekitar di bulan Agustus, September atau Agustus Puncak musim kemarau ini La Nina akan mulai masuk dengan mendinginnya, semakin mendinginnya suhu muka air laut di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur di ekuator,” ujarnya.

Menurut Dwikorita, prediksi La Nina mulai periode Agustus 2024 merupakan fenomena atmosfer yang ditandai dengan mendinginnya suhu muka laut di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur di bagian ekuator.

Sementara, dampak La Nina bagi wilayah di Indonesia adalah semakin banyaknya uap air yang masuk ke wilayah Indonesia.

Sehingga menyebabkan makin banyaknya pertumbuhan awan-awan hujan yang pada akhirnya dapat meningkatkan potensi terjadinya hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Dengan adanya fenomena La Nina akan berpotensi meningkatnya pertumbuhan awan hujan hingga 40 persen.

Wilayah tersebut di antaranya di Jawa, Sumatra bagian selatan dan timur, Kalimantan yakni Kalimantan Barat, Tengah, dan Selatan, Sulawesi Barat dan Utara, sebagian Maluku.

Dwikorita mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi basah.Meskipun, pada sebagian wilayah Indonesia lainnya masih mengalami kekeringan.

“Jadi perlu waspada adanya potensi bencana meteorologi basah meskipun di sebagian wilayah lainnya di Indonesia justru mengalami kekeringan,” katanya.

“Jadi di musim kemarau kali ini ada sebagian yang masih mengalami kekeringan namun sebagian wilayah lain justru dikhawatirkan akan mengalami banjir, banjir bandang dan longsor dengan masuknya La Nina, meskipun levelnya lemah tergantung pada kondisi kerusakan lahannya,” pungkasnya.

Demikianlah ulasan informasi, dampak cuaca La Nina terhadap kesehatan, BMKG prediksi sampai ke Indonesia awal Agustus.

 

(Novan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: