Iklan dempo dalam berita

Tak Kalah Berbahaya dari Inflasi, Ini Dampak Deflasi Bagi Masyarakat dan Kehidupan

Tak Kalah Berbahaya dari Inflasi, Ini Dampak Deflasi Bagi Masyarakat dan Kehidupan

Dampak deflasi bagi masyarakat dan kehidupan--

Pertama, penyebab deflasi adalah karena permintaan barang yang menurun akan menimbulkan penurunan harga barang. Banyak bisnis yang menghasilkan produk tertentu tanpa memperhitungkan secara tepat kuantitas hasil produksi.

Akibatnya banyak produksi yang tidak diiringi dengan meningkatnya permintaan masyarakat. Sehingga banyak barang tidak laku dan pemilik usaha menurunkan harga jual barang.

2. Jumlah uang yang beredar di masyarakat menurun

Kedua, penyebab deflasi adalah jumlah uang yang beredar di masyarakat menurun. Hal ini mulanya diakibatkan oleh suku bunga bank yang tinggi, sehingga orang-orang tertarik untuk menabung di bank. Akibatnya jumlah uang yang beredar menjadi sedikit.

3. Hasil produksi sama

Ketiga, penyebab deflasi adalah tingkat penawaran lebih besar dibandingkan permintaan. Hasilnya pemilik usaha menurunkan harga barang sehingga penjualan cepat meningkat.

BACA JUGA:Per 1 Agustus 2024, Ini Rincian Syarat dan Biaya Pembuatan SIM C dan C1

Contoh Deflasi

Beberapa contoh disinflasi yang pernah terjadi di suatu negara antara lain:

1. Harga komoditas menurun di Rumania

Tahun 2008, negara Eropa mengalami disinflasi yang tinggi. Rumania adalah negara di Eropa yang terdampak yang cukup besar. Tingkat disinflasi yang dialami oleh Rumania mencapai angka 3,6%. Penyebabnya akibat produksi minyak mentah yang melimpah saat itu.

Banyak negara yang memproduksi minyak mentah menjadi bahan bakar sebagai keperluan industri. Karena produksi minyak secara berlebihan akan membuat harga minyak mentah menurun drastis sehingga berimbas pada harga komoditas lain juga ikut menurun.

2. Turunnya harga bahan makanan di Indonesia

Pada September tahun 2019, Badan Pusat Statistik mencatat bahwa Indonesia mengalami deflasi mencapai angka 0,27%. Kondisi ini terjadi akibat sebagian besar harga komoditas makanan dan bumbu-bumbu seperti cabai rawit, ayam, cabai merah, dan telur menurun. Ada 82 kota di Indonesia yang terkena dampak penurunan harga tersebut.

BACA JUGA:Mobil Damkar Tabrak Pemotor Saat ke TKP Kebakaran, Korban Ternyata Seorang Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: