Iklan dempo dalam berita

Jadwal Terbaru Pendaftaran CPNS 2024, Infonya Dibuka 18 Agustus, Ini Penjelasan BKN

Jadwal Terbaru Pendaftaran CPNS 2024, Infonya Dibuka 18 Agustus, Ini Penjelasan BKN

Jadwal terbaru pendaftaran CPNS 2024--ist

"Belum ya," ujarnya.

Vino menyampaikan, calon pelamar CASN tahun ini dapat merujuk pada agenda yang akan dirilis Panselnas. Kendati demikian, pihaknya tidak menyebut kapan panitia akan mengeluarkan agenda rangkaian seleksi CASN tersebut. 

"Setelah pembukaan diumumkan (oleh Panselnas) nanti akan bersamaan disampaikan jadwal per tahapan," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pendaftaran CPNS akan dibuka mulai minggu pertama Agustus. 

"Kita menunggu, minggu pertama, insyaallah, mudah-mudahan ini selesai ya, karena kementerian (yang belum serahkan formasi) tinggal tiga," ujar Anas.

BACA JUGA:Ramalan Shio Hari Ini, Senin 5 Agustus 2024, Cek Keberuntunganmu

Pendaftaran CASN tunggu usulan formasi 

Terpisah, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, Informasi Publik Kemenpan-RB, Mohammad Averrouce menjelaskan, pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan dibuka jika tahapan verval dan persiapan instrumen, baik regulasi maupun sistem, sudah siap. 

saat ini masih melakukan finalisasi usulan detail formasi dari masing-masing kementerian dan lembaga. 

Pasalnya, usulan sejumlah kementerian dan lembaga pusat masih belum memenuhi kuota formasi yang disediakan.

"Contohnya, kementerian/lembaga pusat itu mendapatkan kuota fresh graduate sekitar 200.000 lebih, tapi sampai hingga awal Juli, finalnya kementerian/lembaga yang mengusulkan belum sampai 200.000 formasi," kata Averrouce. 

Pemerintah akan berusaha mempercepat proses tersebut agar waktu pendaftaran CASN lanjutan segera dilaksanakan. 

Menteri PANRB pun telah memberikan persetujuan prinsip formasi ASN 2024 dan menyerahkannya kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Pusat dan Daerah. 

Total formasi yang disetujui itu sekitar 1,2 juta formasi, tetapi masih dapat disesuaikan, mengingat kebutuhan ASN secara nasional akan terus dioptimalkan. 

"Pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan formasi tersebut. Namun demikian, penetapan formasi secara bertahap akan segera diterbitkan agar proses seleksi dapat sesegera mungkin dilaksanakan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: