Iklan dempo dalam berita

Komentar Netizen Sebut Istana Garuda IKN Mirip Kelelawar, Menkominfo Buka Suara, Begini Katanya

Komentar Netizen Sebut Istana Garuda IKN Mirip Kelelawar, Menkominfo Buka Suara, Begini Katanya

Komentar Netizen Sebut Istana Garuda IKN Mirip Kelelawar, Menkominfo Buka Suara, Begini Katanya--Foto: ist

Bahkan yang terbaru, netizen juga menyebut bahwa penampakan dari Istana Garuda IKN tersebut mirip dengan salah seorang karakter di serial kartun 'Oggy and the Cockraches'.

Unggahan yang dikatakan oleh akun Guminho Chan terkait bangunan tersebut yang mirip dengan tokoh kartun Jack dalam serial animasi merebut banyak perhatian netizen.

"Mirip Garuda (X), Mirip Jack saudaranya oggy the Cockroacheas (✔)" tulis akun tersebut.

BACA JUGA:Jelang HUT RI ke-79, BPIP Pastikan Kesiapan Paskibraka Nasional di IKN

Menkominfo Buka Suara

Usai mendapatkan berbagai macam komentar dari para netizen, Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan penjelasan terkait desain dan seni yang terkandung di dalamnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebut gedung Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan kebanggaan bangsa Indonesia. Hal itu ia katakan menanggapi kritik dari netizen, yang menyebut sayap Istana Garuda berwarna coklat gelap kehitaman menyerupai kelelawar dibanding Burung Garuda.

Sekadar diketahui, bentuk desain burung garuda yang mengepakkan sayap karya merupakan satu dari bagian Istana Kepresidenan Nusantara yang dibangun di lahan seluas 55,7 Ha dengan luas tapak 334.200 meter persegi. Burung Garuda menjadi desain karena kaitannya yang sangat erat dengan Kebhinekaan di Indonesia.

Menurutnya,  tanah air kita sangat beragam dengan berbagai perbedaan, segala silang pandang, keragaman adat istiadat, perilaku, dan perbedaan kepercayaan  agama. Garuda merupakan simbol persatuan juga menjadi bagian dari lambang negara, Bhineka Tunggal Ika.

Menkominfo menjelaskan Istana Garuda dirancang sebagai rumah yang berasosiasi pada burung Garuda. Istana Garuda bukan hanya menjadi landmark sebuah kawasan, melainkan juga perpaduan yang selaras antara seni, sains, dan teknologi karya anak bangsa.

BACA JUGA:Kereta Tanpa Rel IKN akan Resmi Beroperasi Sebelum HUT RI ke-79, Kapasitas Muatan Sebanyak 302 Penumpang

Istana Kepresidenan yang ada selama ini merupakan peninggalan pemerintah kolonial. Sementara itu, Kompleks Istana Kepresidenan di IKN murni dirancang dan dibangun oleh anak bangsa. Desain Istana Garuda diwujudkan dalam pola arsitektur yang mempertimbangkan unsur estetika, kegunaan, serta manfaat bagi kemajuan sektor pariwisata Indonesia.

“Desain Istana Garuda merupakan produk karya anak bangsa yang berbasis budaya nusantara. Ini juga simbol dari lambang negara Indonesia yakni Burung Garuda,” ujar Menkominfo.

Istana Garuda merupakan istana presiden pertama di dunia yang dibangun sebagai sebuah karya seni. Bahkan, Istana Garuda dibangun dengan teknologi pembuatan patung yang telah dipatenkan.

Sosok burung yang berasosiasi pada garuda dalam Istana Garuda dibangun dari kerangka baja, serta cangkang dari tembaga, kuningan, galyalum dan kaca. Tembaga dan kuningan selanjutnya akan mengalami proses oksidasi, sehingga perlahan-lahan akan berwarna hijau tosca yang matang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: