Iklan dempo dalam berita

Kasus Penyakit Mpox Jadi Perhatian Dunia, Simak 9 Gejala Mpox pada Anak yang Wajib Diketahui

Kasus Penyakit Mpox Jadi Perhatian Dunia, Simak 9 Gejala Mpox pada Anak yang Wajib Diketahui

Kasus Penyakit Mpox Jadi Perhatian Dunia, Simak 9 Gejala Mpox pada Anak yang Wajib Diketahui--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kasus penyakit mpox atau monkeypox  jadi perhatian dunia, simak 9 gejala mpox pada anak yang wajib diketahui.

Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Mpox sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (Public Health Emergency of International Concern/PHEIC) pada 14 Agustus 2024, tercatat ada tiga kasus baru yang ditemukan di luar Afrika.

Ketiga kasus tersebut ditemukan di Swedia pada 15 Agustus, Filipina pada 19 Agustus, dan Thailand pada 22 Agustus. Kasus baru di Swedia dan Thailand ini memiliki riwayat perjalanan ke Republik Demokratik Kongo, dengan varian clade Ib. Sementara itu, kasus baru di Filipina merupakan transmisi lokal dan tidak ada riwayat perjalanan, dengan varian clade IIb.

BACA JUGA:Asal Mula Monkeypox atau Cacar Monyet yang Ancam RI, Pertama Ditemukan di Tubuh Manusia Tahun 1970

Tercatat pada periode akhir Juni hingga 17 Agustus 2024, terdapat25.337 kasus Mpox di dunia, dengan 34 kematian. Selain kontak seksual, penularan antara anggota keluarga (household transmission) diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya kasus pada anak-anak di Republik Demokratik Kongo.

Sementara itu, Indonesia pertama kali melaporkan kasus Mpox pada 20 Agustus 2022, dengan satu kasus konfirmasi. Pada 2023, Indonesia kembali melaporkan kasus Mpox, yakni sebanyak 73 kasus konfirmasi, dan pada 2024 sebanyak 14 kasus. Total kasus di Indonesia hingga saat ini adalah 88 kasus.

BACA JUGA:Waspada Ancaman Mpox Sudah Masuk ke Indonesia, Kenali Gejalanya

Monkeypox (mpox) atau cacar monyet ditandai dengan gejala berupa pembengkakan kelenjar getah bening, yang biasanya terjadi di rahang bawah, leher, dan selangkangan. Mpox juga disertai gejala yang mirip dengan cacar air, terutama ruam atau bintil berair di dada, wajah, hingga bagian dalam mulut dan hidung.

Gejala Mpox (Cacar Monyet) pada Anak yang Wajib Diketahui

1. Gejala seperti flu

Demam, nyeri otot, dan sakit tenggorokan adalah gejala awal Mpox yang umumnya muncul saat awal terjangkit. Anak-anak disebut dapat tertular Mpox dari berbagai pakaian atau handuk, menyentuh luka, atau kontak kulit-ke-kulit yang lama, seperti berpelukan.

Selain demam, nyeri otot, dan sakit tenggorokan, gejala mirip flu lainnya yang bisa muncul akibat Mpox adalah menggigil dan berkeringat disertai demam.

BACA JUGA:Ini Provinsi dengan Sebaran Kasus Mpox Terbanyak di Indonesia, Simak Beda Cacar Monyet dan Cacar Air!

2. Ruam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: