Iklan dempo dalam berita

9 Manfaat Cuka Apel Untuk Wanita, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

9 Manfaat Cuka Apel Untuk Wanita, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

9 Manfaat Cuka Apel Untuk Wanita, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan--foto:ist

3. Mencegah infeksi saluran kemih

Dibandingkan pria, wanita umumnya lebih rentan terkena infeksi saluran kemih (ISK). Nah, untuk mengatasinya, para wanita bisa coba minum campuran air dengan cuka sari apel. Minuman ini bisa merangsang tubuh untuk lebih banyak buang air kecil sehingga kuman penyebab ISK bisa dibuang keluar tubuh.

Namun, jika kondisi ini tak kunjung sembuh atau makin parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan, ya. 

BACA JUGA:Cuka Apel Baik Untuk Kesehatan Tapi Tak Boleh Asal Pakai, 10 Dampak Negatif Pengunaan Cuka Apel

4. Menghilangkan bau badan

Cuka apel kan asam, kok bisa menghilangkan bau badan? Eits, tunggu dulu. Cuka apel memiliki efek antibakteri yang bisa membasmi kuman penyebab bau badan. Selain itu, cuka apel juga dapat menjaga keseimbangan pH kulit dan ketiak sehingga bau badan bisa berkurang.

Cara menggunakannya cukup sederhana, kamu hanya perlu mencampurkan 1 atau 2 sendok makan cuka apel dengan 1 gelas air bersih. Aduk hingga larut, lalu oleskan larutan ini pada ketiak setelah mandi. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas, ya. Biar baunya tidak terlalu menyengat, kamu juga bisa mencampur larutan tersebut dengan air lemon. 

5. Mengontrol kadar gula darah

Cuka apel mengandung antioksidan yang bisa membantu insulin bekerja lebih efektif dalam mengontrol kadar gula darah. Ketika insulin bekerja dengan optimal, sel-sel tubuh pun bisa menggunakan gula darah dengan baik sebagai sumber energi. 

Berkat manfaatnya ini, cuka apel bagi wanita bermanfaat untuk mencegah gula darah tinggi. Meski bermanfaat, konsumsi cuka apel untuk menurunkan gula darah tetap harus diiringi dengan pola makan yang sehat dan rendah gula, ya.

BACA JUGA:11 Manfaat Rutin Mengonsumsi Cuka Apel, Salah Satunya Ampuh Mengatasi Perut Buncit

6. Mencegah tekanan darah tinggi

Cuka apel yang tinggi antioksidan tak hanya bisa mencegah gula darah tinggi, tetapi juga sekaligus dapat mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol, lho. Berkat manfaatnya ini, cuka apel baik dikonsumsi untuk mencegah tekanan darah tinggi. Sementara pada ibu hamil, cuka apel dianggap baik untuk mencegah komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia.

Sayangnya, manfaat cuka apel yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Jika ingin menggunakan cuka apel untuk mengobati tekanan darah tinggi, terlebih pada ibu hamil, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya. 

7. Membantu meredakan gejala PCOS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: