Iklan dempo dalam berita

Pertamax Green 92 Disebut Jadi Pengganti BBM Pertalite, Apa Beda Keduanya?

Pertamax Green 92 Disebut Jadi Pengganti BBM Pertalite, Apa Beda Keduanya?

Pertamax Green 92 Disebut Jadi Pengganti BBM Pertalite, Apa Beda Keduanya?--Foto: ist

Pergantian ini menjadi bagian dari program Langit Biru yang digarap oleh Pertamina. Berikut ini Perbedaan Pertalite dan Pertamax Green 92.

BACA JUGA:Ini Harga Terbaru Pertamax Green 95 Bulan September 2024 Dibeberapa Wilayah

1. Kadar Research Octane Number (RON)

Dilansir dari Auto 2000, bilangan oktan adalah satuan angka yang menunjukkan nilai suatu bahan bakar. Bilangan oktan ini juga disebut dengan Research Octane Number (RON). Semakin tinggi nilai oktan, maka akan semakin ramah lingkungan.

Adapun, Pertalite memiliki kadar RON 90. Ini adalah jenis bahan bakar yang memiliki kualitas standar dan dianjurkan untuk pemakaian kendaraan roda dua. Namun, menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, nilai oktan yang boleh dijual itu 91, karena semakin rendah oktan bahan bakar, maka lebih berpotensi menjadi penyebab polusi udara.

Sementara itu, Pertamax Green 92 memiliki kadar RON 92 yang dihasilkan dari peningkatan kadar oktan dengan mencampur Pertalite (RON 90) dengan bioenergy, Etanol sebesar 7 persen (E7).

BACA JUGA:Lengkap, Ini Daftar Mobil Toyota yang Dilarang Pakai Pertalite per 1 Oktober

2. Campuran Bahan Nabati

Pertamax Green 92 menggunakan bioenergi etanol yang merupakan energi terbarukan yang sudah teruji oleh WWFC (Worldwide Fuel Charter). Etanol itu pun dihasilkan dari molases tebu dan menjadi bahan bakar nabati yang terbarukan. Akibatnya, kehadiran Pertamax Green 92 diklaim dapat menurunkan emisi.

3. Keberlanjutan Dan Regulsasi

Kehadiran Pertalite sendiri Tidak memiliki fokus khusus pada aspek keberlanjutan. Sementara, Pertamax Green 92 dapat mendukung program pemerintah dalam penggunaan energi terbarukan dan mengurangi emisi karbon, sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P20/Menlhk/Setjen/Kum1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang.

BACA JUGA:Pembelian BBM Dibatasi, Ini Daftar Motor Honda yang Tidak Boleh Pakai Pertalite

Mengenal jenis BBM

Saat ini BBM yang dijual Pertamina ada empat jenis, yaitu Pertalite yang memiliki nilai oktan 90 (RON 90), Pertamax dengan oktan 92 (RON 92), Pertamax Green (RON 95), dan Pertamax Turbo (RON 98).

1. Pertalite

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: