Iklan dempo dalam berita

Tertarik Jadi Jaksa? Ini Besaran Gaji Jaksa Agung dan Tunjangan, Menggiurkan!

Tertarik Jadi Jaksa? Ini Besaran Gaji Jaksa Agung dan Tunjangan, Menggiurkan!

Gaji Jaksa Agung--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tertarik jadi Jaksa? Ini besaran gaji Jaksa Agung dan tunjangan, menggiurkan!

Bagi para mahasiswa hukum yang bercita-cita menjadi jaksa sangat wajar mengetahui rentang gaji Jaksa Agung agar tidak salah ekspektasi.

BACA JUGA:Minta Dibelikan Lipstik, Suami Tega Lakukan Hal Ini ke Istri di Minimarket, Aksinya Terekam CCTV dan Viral!

Perlu diketahui, Jaksa adalah salah satu profesi yang bisa dikatakan sebagai Pejabat Negara yang memiliki otoritas atau wewenang oleh Undang-Undang dalam bertindak sebagai penuntut umum, serta melaksanakan putusan pengadilan yang diperoleh berdasarkan kekuatan hukum tetap.

Sebagai seorang jaksa tentunya terdapat syarat dan ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang. Maka karena itu, tidaklah mudah untuk menjadi seorang Jaksa.

BACA JUGA:Kembali Menguat, Segini Harga CPO KPBN Per Hari Ini 4 September 2024

Lantas apa itu yang disebut dengan Jaksa?

Jaksa merupakan seseorang yang bertugas menyampaikan dakwaan atau tuduhan pada saat proses pengadilan terhadap orang yang diduga melanggar hukum.

Dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004, Jaksa berwenang sebagai penuntut umum dan pelaksanaan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap. Penuntutan yang dilakukan oleh Jaksa harus dilakukan dengan keyakinan berdasarkan alat bukti yang sah.

Selain itu, tiap kali seorang Jaksa melaksanakan tugas dan wewenangnya maka ia harus bertindak atas dasar hukum, mengindahkan norma keagamaan, kesopanan, kesusilaan, serta wajib menggali dan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan.

BACA JUGA:Pantas Biaya Kuliah Mahal, Segini Gaji Dokter Spesialis Kandungan Per Bulan, Bisa Tembus Tiga Digit!

Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, kejaksaan dipimpin oleh seorang Jaksa Agung yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Sama halnya dengan TNI maupun kepolisian, tingkat kepangkatan di Kejaksaan Republik Indonesia juga tidak berbeda jauh.

Jika sudah mengetahui apa itu yang dimaksud Jaksa, selanjutnya ketahui besaran gaji yang didapatkan oleh Jaksa lengkap dengan tunjangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: