Iklan dempo dalam berita

Viral, WNI Berbaju Hitam Diduga Resahkan Warga Jepang! KBRI Tokyo dan KJRI Osaka Bertindak

Viral, WNI Berbaju Hitam Diduga Resahkan Warga Jepang! KBRI Tokyo dan KJRI Osaka Bertindak

Kejadian Viral --

4. Saling mengingatkan dan menjaga komunikasi dengan simpul masyarakat dan perwakilan RI. Komunikasi yang baik di antara sesama WNI dan perwakilan RI sangat penting untuk mencegah dan menangani masalah yang mungkin timbul.

Selain itu, unggahan tersebut juga menekankan bahwa aparat hukum Jepang memiliki otoritas penuh untuk mengambil tindakan hukum terhadap warga negara asing (WNA) yang melanggar ketertiban atau peraturan di negara tersebut. 

BACA JUGA:Gagal Larikan Motor Bodong Saat Test Drive Malah Terjerat Undang-undang Darurat

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka mengingatkan bahwa cita-cita untuk sukses di luar negeri bisa saja terhambat oleh perilaku yang tidak bijaksana. Mereka juga mengajak seluruh WNI untuk menjaga nama baik Indonesia di mata dunia.

Pemerintah Indonesia Mulai Investigasi

Menanggapi viralnya video tersebut, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Judha Nugraha, menyatakan bahwa pihaknya sedang berupaya untuk mendapatkan kebenaran atas informasi yang beredar tersebut. 

"Beredar informasi di media sosial mengenai sekelompok orang yang diduga WNI melakukan kegiatan yang meresahkan masyarakat setempat. Lokasi kejadian diduga terjadi di Osaka, Jepang," ujar Judha dalam pernyataannya yang dikutip dari kanal Global Liputan6.com pada Minggu, 1 September 2024.

BACA JUGA:Pantas Biaya Kuliah Mahal, Segini Gaji Dokter Spesialis Kandungan Per Bulan, Bisa Tembus Tiga Digit!

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka saat ini tengah mendalami kebenaran dan akurasi informasi tersebut, termasuk berkomunikasi dengan simpul-simpul masyarakat Indonesia yang berada di Jepang. 

Langkah ini diambil sebagai bentuk tanggung jawab perwakilan Indonesia di luar negeri dalam menjaga hubungan baik antara WNI dan masyarakat setempat, serta untuk memastikan bahwa tindakan yang tidak sesuai tidak akan mencoreng nama baik bangsa di mata internasional.

BACA JUGA:Sosok Naturalisasi Timnas Vietnam yang Punya Catatan Mengerikan, Bertemu Indonesia di Piala AFF 2024?

Seruan untuk Menghormati Budaya Setempat

Kementerian Luar Negeri RI melalui Judha Nugraha kembali mengingatkan para WNI yang berada di luar negeri untuk selalu mematuhi hukum negara setempat, menjaga ketertiban, dan menghormati norma serta budaya lokal. 

Menurutnya, penting bagi WNI di luar negeri untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat meresahkan atau mengganggu aktivitas warga setempat. 

Sejumlah video yang menunjukkan aktivitas kelompok pria berbaju hitam tersebut telah menjadi viral di berbagai platform media sosial, mereka bergerombol di fasilitas umum di Osaka hingga menghalangi jalan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: