Iklan dempo dalam berita

Pangdam II/Sriwijaya Bersama Gubernur Rohidin Resmikan Irpom di Seluma untuk Atasi Krisis Air Persawahan

Pangdam II/Sriwijaya Bersama Gubernur Rohidin Resmikan Irpom di Seluma untuk Atasi Krisis Air Persawahan

Pangdam II/Sriwijaya Bersama Gubernur Rohidin Resmikan Irpom di Seluma--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Salah satu program ketahanan pangan yang terus digencarkan TNI saat ini yakni penanggulangan krisis air untuk daerah persawahan.

Salah satunya yakni dengan mengaplikasikan irigasi perpompaan (Irpom) dengan sumur bor yang baru diresmikan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen. TNI M. Naudi Nurdika, di Desa Sarimulyo Kecamatan Sukaraja pada Jumat siang (6/9/2024).

BACA JUGA:Heboh, Mobil Daihatsu Sigra Diamuk Warga, Apa Pemicu Sebenarnya?

Peresmian irigasi perpompaan dihadiri langsung Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Kapolda Bengkulu Irjen.Pol Anwar, General Manager PT Perusahaan Negara (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu atau PLN UID S2JB Adi Herlambang, Pimpinan Bank, Bupati Seluma Erwin Octavian, Dandim 0425/Seluma Letkol. Arh. Dedy Hendaryatmoko, Kapolres Seluma AKBP. Arief Eko Prastyo, serta instansi dan OPD terkait lainnya.

BACA JUGA:Heboh, Mobil Daihatsu Sigra Diamuk Warga, Apa Pemicu Sebenarnya?

Desa Sarimulyo Kecamatan Sukaraja menjadi pilot project pembuatan irigasi perpompaan (Irpom), karena menjadi salah satu daerah lumbung padi di Kabupaten Seluma yang memiliki areal persawahan seluas sekitar 190 hektare.

Irpom di Desa Sarimulyo ini dapat berdiri berkat kerjasama lintas sektoral yang melibatkan Kementerian Pertanian, TNI, PLN, dan instansi atau OPD di lingkungan Pemkab Seluma.

BACA JUGA:5 Jenis Pinjaman KUR Mandiri 2024, Lengkap dengan Syarat PengajuanPlafon Maksimal Rp500 Juta

Irpom yang baru diresmikan ini, dibangun dengan sumber dana alokasi khusus (DAK) APBN Kementerian Pertanian tahun 2024 ini sebesar Rp112.800.000-.

Usai meresmikan, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen. TNI M. Naudi Nurdika menegaskan dengan adanya Irpom ini setidaknya dapat membantu para petani padi untuk lebih optimal dalam mengolah lahan persawahan mereka dan mencegah terjadinya alih fungsi lahan.

"Iya ini kan kita bekerjasama sama dengan Kementerian Pertanian, PLN untuk membangunkan sarana untuk mempermudah air teraliri ke sawah, namanya Irpom Irigasi Perpompaan, kalau musim kemarau ini bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan lahan persawahan," terang Mayjen. TNI M. Naudi Nurdika.

BACA JUGA:Fantastis! Ini Gaji Pelatih Sepak Bola di Indonesia, Shin Tae-yong Dapat Jatah Segini

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang turut menyaksikan peresmian irpom di Desa Sarimulyo Kecamatan Sukaraja ini, berupaya kembali mengoptimalkan potensi irigasi lainnya, salah satunya sungai Sindur di Kabupaten Seluma kedepannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: