Iklan dempo dalam berita

Bingung Berapa Biaya Tes DNA di Puskesmas? Segini Uang yang Harus Disiapkan

Bingung Berapa Biaya Tes DNA di Puskesmas? Segini Uang yang Harus Disiapkan

Biaya Tes DNA di Puskesmas--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bingung berapa biaya tes DNA di Puskesmas? Segini uang yang harus disiapkan.

Tes DNA kerap dipilih sebagai salah satu cara untuk mengetahui banyak hal terkait genetik seseorang. Termasuk garis keturunan bahkan riwayat penyakit genetik.

BACA JUGA:Jembatan Air Kotong Jebol, Jalan Raya Bengkulu-Lais Lumpuh Total

Melibatkan uji laboratorium, banyak yang bertanya-tanya terkait biaya tes DNA. Apakah mahal dan di mana bisa melakukannya?

Berikut informasi yang kamu perlukan mengenai pengertian, biaya tes DNA di Puskesmas hingga tipsnya.

Mengenal Tes DNA

Tes DNA atau yang juga disebut genetic testing merupakan tes medis untuk mengidentifikasi mutasi pada gen, kromosom, hingga protein, melansir Cleveland Clinic. Dari bagian tersebut akan didapat banyak informasi tentang diri kita.

Tes genetik dilakukan dengan mengambil sampel tubuh mulai rambut, darah, kulit, jaringan, hingga cairan ketuban. Ada beberapa jenis pelaksanaan tes DNA, mulai dari tes pranatal hingga pengujian prediktif untuk mendeteksi penyakit tertentu.

BACA JUGA:Penting Dipahami, Ini Pengaruh Mengganti Nama, Bisa Berimbas Pada Ijazah Sekolah

Lantas, berapa biaya tes DNA di Puskesmas?

Untuk bisa melakukan tes DNA memang harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Berapa biaya tes DNA tergantung di mana kamu hendak melakukannya. Antara rumah sakit dan puskesmas, tentu terdapat perbedaan harga.

Biaya Tes DNA di Puskesmas

Tes DNA dapat dilakukan di Puskesmas, lho! Besarnya biaya tes yang harus dikeluarkan berkisar Rp7.000.000 sampai Rp8.000.000 untuk satu kali pemeriksaan. Sayangnya, tidak semua puskesmas menyediakan layanan ini karena keterbatasan alat.

Di sisi lain, tes DNA sendiri hanya dapat dilakukan oleh tenaga medis profesional. Tidak semua tenaga medis diperbolehkan melakukan tes DNA terhadap pasien yang ada di rumah sakit. Ini jadi peringatan untuk kamu yang ingin melakukan tes DNA di puskesmas, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: