Iklan dempo dalam berita

Jeli Mengenali Polisi Asli dan Gadungan, Ini Cara Mengecek NRP Polisi dengan Mudah, Bisa Via Online

Jeli Mengenali Polisi Asli dan Gadungan, Ini Cara Mengecek NRP Polisi dengan Mudah, Bisa Via Online

Cara membedakan polisi asli dan polisi gadungan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jeli mengenali polisi asli dan gadungan, ini cara mengecek NRP polisi dengan mudah, bisa via online.

Maraknya kasus penipuan yang dilakukan oleh oknum yang mengaku-ngaku sebagai polisi sekarang ini sangat meresahkan masyarakat. 

Penipuan oleh oknum polisi ini sangat bervariasi, mulai dari permintaan uang keamanan, untuk menjerat hati wanita, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA:Eks Koki Hotel Dibekap dan Diperkosa Teman Baru di Kamar Hotel Bintang 3 di Kota Bengkulu

Sebagai warga masyarakat, tentunya kita harus cerdas dan mengenali mana polisi asli dan mana polisi gadungan. Salah satu mengenali polisi asli dan gadungan adalah dengan NRP.

Saat ini, untuk mengecek NRP polisi kian mudah hanya dengan melakukan beberapa klik khusus kamu sudah dapat mengetahui identitas polisi.

Sebelum mengetahui cara ceknya, terlebih dulu ketahui dan kenali dulu apa itu yang dimaksud dengan NRP.

BACA JUGA:Terekam CCTV, Pencuri Kuras Laci Berisi Uang Rp5 Juta Milik Agen BRILink di Sukarami

Mengenal NRP

Mengutip buku Indonesian War over Aceh (2006) NRP (Nomor Registrasi Pokok) yaitu nomor yang di miliki oleh seorang polisi yang terdiri dari delapan digit.

Di setiap digitnya di susun secara acak, sesuai dengan data identitas dari polisi tersebut. Pada digit yang pertama dan kedua menunjukkan tahun kelahiran dari polisi atau pemilik NRP. Sedangkan digit ketiga dan keempat itu menunjukkan bulan kelahiran dari pemilik NRP tersebut. 

Lalu, empat digit terakhir merupaman nomor urut khusus yang telah di tetapkan oleh pihak kepolisian. Jadi, setiap polisi mempunyai NRP yang tidak sama.

BACA JUGA:Asal Mula Rektor UIN Suska Ditetapkan Polda Riau Menjadi Tersangka

Saat polisi baru pertama kali di lantik, maka merka akan memperoleh NRP. Jika di lihat dari fungsinya, NRP sangat mirip sekali dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) yang di miliki oleh para PNS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: