Iklan dempo dalam berita

Bacaan Doa Ganti Nama Anak Perempuan dan Laki-laki Menurut Islam, Bisa Diamalkan Umat Muslim

Bacaan Doa Ganti Nama Anak Perempuan dan Laki-laki Menurut Islam, Bisa Diamalkan Umat Muslim

Bacaan Doa Ganti Nama Anak Dalam Islam --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bacaan doa ganti nama anak perempuan dan laki-laki menurut Islam, bisa diamalkan umat muslim. 

Dalam tradisi Islam, pemberian nama kepada anak merupakan salah satu aspek penting yang tidak hanya mencerminkan harapan dan doa dari orang tua, tetapi juga mempengaruhi identitas dan karakter anak tersebut.

BACA JUGA:Pernyataan Keras Ustad Syamlan Kepada Imam Masjid Istiqlal Setelah Kunjungan Paus Fransiskus

Nama yang diberikan bisa berasal dari berbagai sumber, seperti bahasa Arab, bahasa lokal, nama para rasul, sahabat rasul, tokoh teladan dalam Al-Qur’an, nama ulama, nama malaikat, atau tokoh yang berjasa bagi kemanusiaan. 

Pemberian nama yang tepat tidak hanya memperhatikan keindahan bunyi dan pelafalannya, tetapi juga harus memperhatikan makna dan signifikansinya menurut ajaran Islam.

Dalam praktiknya, tidak jarang orang tua hanya mempertimbangkan bagaimana bunyi nama tersebut terdengar, tanpa memperhatikan makna dan asal-usul nama tersebut. 

BACA JUGA:Begini Cara Kredit Mobil di BSI Tanpa Bunga, Ini Dokumen yang Diperlukan

Ada juga orang tua yang memilih nama berdasarkan bulan kelahiran atau mengandalkan pilihan orang lain, tanpa mengacu pada tokoh-tokoh tertentu. 

Namun, Islam mengajarkan bahwa nama yang baik memiliki makna yang positif dan dapat membawa berkah bagi anak.

Salah satu sumber nama yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah nama-nama yang berkaitan dengan asmaul husna (nama-nama baik Allah) atau nama-nama para nabi. 

BACA JUGA:Lapor Polisi, Ketua DPD II Golkar Lebong Kecam Pengrusakan APS Rohidin-Meriani

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan An-Nasa’i: 

"Dari Abu Wahib Al-Jusyami RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Namailah (anakmu) dengan nama para nabi. Nama yang paling disukai oleh Allah SWT adalah ‘Abdullah’ dan ‘Abdurrahman,’” (HR Abu Dawud dan An-Nasa’i). 

Hadits ini mengajarkan bahwa nama yang baik adalah nama yang mengandung unsur keimanan dan kebaikan, dan nama-nama para nabi merupakan contoh terbaik dalam hal ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: