Iklan RBTV Dalam Berita

Mengenal Sejarah dan Asal Kata Nama Desa Jenggalu di Kabupaten Seluma Bengkulu

Mengenal Sejarah dan Asal Kata Nama Desa Jenggalu di Kabupaten Seluma Bengkulu

Sejarah Desa Jenggalu di Kabupaten Seluma--

BACA JUGA:Ternyata Segini Biaya Perawatan Mobil Listrik, Benarkan Lebih Murah?

Masa Perjuangan Kemerdekaan

Pada masa perjuangan kemerdekaan dan revolusi Republik Indonesia,  Desa Jenggalu merupakan basis perjuangan dan menjadi markas tentara front perjuangan selatan dibawah komando Distrik Militer ( Kodim ) Bengkulu Selatan Pimpinan Kolinel Berlian, yang menunjuk langsung  sersan mayor Kanadi sebagai Kepala Kesatuan Regu Tentara Keamanan Rakyat ( TKR ) yang bertugas menjaga dan mengamankan rencana agresi militer belanda II yang ingin memasuki dan menguasai kembali wilayah Bengkulu bagian selatan (Seluma, Manna, Kaur).

BACA JUGA:Patut Berbangga, Ini Situs Bersejarah di Seluma yang Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya

Tujuan terbentuknya Front Perjuangan Jenggalu pada tahun 1949 adalah menjadikan Desa Jenggalu sebagai pintu utama sekaligus benteng bumi putra untuk mempertahankan wilayah kemerdekaan Indonesia.

Dengan menutup akses jalan bagi militer kolonial Belanda yang akan melancarkan aksi agresi militer II yaitu ingin menguasai kembali wilayah kesatuan republik indonesia di Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Merek Kompor Gas 2 Tungku Berkualitas dan Terbaik Tahun 2024 untuk Emak-Emak

Sejarah perjuangan dan pertempuran masyarakat beserta tentara Keamanan Rakyat ( TKR ) yang tergabung dalam  Front Selatan Jenggalu yang terjadi sejak Tahun 1947 hingga 1949 ini dikenal  dengan nama Front Perjuangan Selatan Jenggalu yang akhirnya diabadikan dalam bentuk monumen Front Selatan Jenggalu yang berdiri dijalan lintas Bengkulu – Manna km 22,5 Desa Jenggalu.

BACA JUGA:Audisi PB Djarum 2024 Resmi Bergulir, 1.966 Peserta Siap Rintis Mimpi Jadi Juara

Itulah informasi terkait sejarah dan asal kata nama desa Jenggalu Kabupaten Seluma Bengkulu. Semoga informasi ini dapat membantu.

 

(Putri Nurhidayati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: