Iklan dempo dalam berita

Tradisi Unik Merayakan Idul Fitri di Beberapa Negara, Ada yang Perang Telur

Tradisi Unik Merayakan Idul Fitri di Beberapa Negara, Ada yang Perang Telur

Banyak tradisi unik umat muslim dunia saat merayakan idul fitri--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Hari raya Idul Fitri merupakan hari yang spesial bagi umat Islam. Hari ini akan disambut dengan antusias.

Memakai pakaian terbaik, ada banyak hidangan enak dan saling mengunjungi diantara kebiasaan saat Idul Fitri. Namun kebiasaan unik tersebut tidak hanya ada di Indonesia. Di beberapa negara lain juga ada tradisi saat Idul Fitri.

 

BACA JUGA:Memanas, Panglima TNI Instruksikan Siaga Tempur, KKB Mulai Terdesak

1. Seker Bayram di Turki

Umat muslim di Turki menempatkan Idul Fitri lebih penting dibanding Idul Adha, sama seperti tradisi Indonesia. Pemerintah Turki menetapkan libur nasional sebanyak tiga hari di luar hari raya. 

Namun yang berbeda dari perayaan Idul Fitri di Tanah Air terletak pada tradisi kulinernya.

Momen lebaran di Turki dirayakan dengan festival gula atau seker bayram. 

Seker bayram merupakan sebutan lain untuk hari raya idul fitri. Di hari itu, semua orang akan mengantarkan manisan ke rumah-rumah tetangga terdekat setelah melakukan sungkeman.

 

2. Perang Telur

Idul Fitri di Afghanistan juga memiliki tradisi sendiri. Masyarakat di sana menyebutnya dengan Tokhm-Jangi atau perang telur. Untuk turut serta, para lelaki akan berkumpul di lapangan dengan membawa telur ayam rebus.

Setelah melakukan salat Idul Fitri bersama, orang-orang akan berkumpul dan saling memecahkan telur rebus milik orang di sekitarnya. Peserta akan dianggap sebagai pemenang jika kulit telurnya tak pecah hingga akhir lomba.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: