Iklan dempo dalam berita

Cara Mudah Mencari Sumber Mata Air untuk Sumur Bor dengan Menggunakan HP

Cara Mudah Mencari Sumber Mata Air untuk Sumur Bor dengan Menggunakan HP

Cara cari sumber mata air gunakan HP--

Nah untuk menambah pengetahuan lainya, berikut ini cara lain yang bisa dilakukan mencari sumber mata air untuk sumur bor.

1. Menggunakan Garam

Cara tradisinonal yang pertama yaitu menggunakan garam dapur. Garam dapur ini diletakkan dalam kaleng yang tertutup dan disebar di beberapa titik pada malam hari. 

Keesokan paginya, garam pada kaleng diperiksa volumenya. Kaleng yang paling sedikit mengandung garam, apalagi yang hingga habis, bisa dipastikan bahwa sumber di air terletak di dekat kaleng yang sisa garamnya paling sedikit. Kadar garam yang sedikit itu disebabkan karena air tanah mengikat mineral.

BACA JUGA:Rekomendasi HP RAM 12 GB Terbaik 2024, Harga Cuma Rp 2 Jutaan

2. Dowsing/Water Witching

Teknik ini banyak digunakan di Amerika Serikat sejak zaman dahulu. Alat yang banyak digunakan adalah pendulum dan kawat dalam selang. 

Caranya adalah menggunakan 2 batang kawat tembaga dengan panjang 50cm diameter 3mm, 2 selang stainless dengan panjang 10cm diameter dalam 5mm. 

Kedua kawat dibengkokan 90 derajat dengan pembagian 40cm dan 10cm. Bagian kawat 10cm dimasukan ke selang stainless.

Setelah itu, selang berisi kawat dibawa setinggi pinggang. Dowser akan berjalan berkeliling lokasi yang ditentukan sambil membawa alat sederhana ini. 

Jika kawat membentuk lurus, bisa dipastikan bahwa wilayah tersebut tidak memiliki sumber air. Tetapi, jika kawat membentuk silang, daerah tersebut dianggap memiliki sumber air.

Meski metode ini hampir selalu berhasil di Amerika Serikat, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan validitas metode ini.

BACA JUGA:Pacaran 8 Bulan di Tiktok, Pria Ini Nekat Sebrangi Lautan untuk Melamar, Berakhir Ditolak Kekasih

3. Menggunakan Teknologi Geolistrik

Geolistrik adalah metode geofisika untuk mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan di bawah permukaan tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: