Iklan dempo dalam berita

Cara Membersihkan Jamur di Monitor LCD, Begini Panduan Mudahnya agar Semakin Awet

Cara Membersihkan Jamur di Monitor LCD, Begini Panduan Mudahnya agar Semakin Awet

Cara membersihkan jamur di monitor LSD--ist

2. Setelah memastikan tidak ada aliran listrik lagi pada monitor, selanjutnya Anda bisa mencabut kabel penghubung antara LCD dengan CPU. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah proses pembersihan monitor LCD.

3. Setelah memastikan bahwa kabel penghubung antara monitor dengan listrik dan monitor dengan CPU telah tercabut, langkah selanjutnya adalah Anda harus menyiapkan kain microfiber ataupun kain lain yang memiliki tekstur lembut. 

Kemudian, lakukan pengelapan atau pembersihan pada layar monitor untuk membersihkan debu yang mungkin menempel pada monitor tersebut.

4. Jika sudah melakukan pembersihan debu, kemudian perhatikanlah jamur yang ada pada monitor LCD. Apakah jamur tersebut ada dibagian luar ataukah dibagian dalam monitor. 

Hal ini karena jika jamur tersebut berada pada bagian luar monitor, maka proses pembersihan akan lebih mudah dibandingkan jika jamur tersebut ada dibagian dalam monitor.

5. Jika jamur tersebut ada dibagian luar monitor, maka harus membahasi kain yang telah disiapkan tadi dengan cairan khusus pembersih layar monitor. Kemudian bersihkan layar LCD tersebut dengan cara memutar searah jarum jam. 

BACA JUGA:8 Wilayah di Jawa Timur yang Terancam Risiko Tsunami jika Terjadi Gempa Megathrust

Kemudian, gosoklah secara perlahan dan jangan terlalu menekan layar monitor karena justru dapat menyebabkan kerusakan maupun goresan pada layar monitor tersebut. 

Jika jamur berada didalam layar monitor, maka Anda harus membongkar monitor terlebih dahulu, kemudian melakukan pembersihan secara manual. Ingatlah, proses pembongkaran ini harus dilakukan secara teliti dan hati - hati. Jika Anda tidak yakin dapat melakukan proses ini dengan baik, sebaiknya jangan dilakukan karena justru dapat merusak monitor Anda.

6. Setelah jamur yang ada pada monitor LCD sudah hilang, selanjutnya diamkanlah monitor hingga mengering dengan sendirinya.

7. Jika layar sudah mengering, maka kembalikanlah posisi monitor ke posisi semula dan hubungkanlah kabel - kabel penghubung yang telah dilepas sebelumnya.

Itulah tadi mengenai cara membersihkan jamur pada monitor LCD. Dengan ini bisa menambah pengetahuan Anda dalam bidang perangkat keras. 

BACA JUGA:Waw! Ternyata Pemain Naturalisasi dari Belanda Ivar Jenner Gajinya Dua Digit per Minggu

Sebagai informasi, tambahan berikut 4 tips sederhana merawat monitor LCD agar lebih awet.

Semua komputer pastinya sudah dilengkapi dengan Monitor. Perangkat ini merupakan salah satu hardware yang penting bagi komputer. Kalau monitor sudah rusak, bagaimana cara kita berinteraksi dengan komputer tersebut?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: