Iklan RBTV Dalam Berita

Jangan Asal Pakai, Ini 5 Tips Aman Menggunakan Wifi Publik

Jangan Asal Pakai, Ini 5 Tips Aman Menggunakan Wifi Publik

Wifi Publik--

BACA JUGA:Dulu Jadi Favorit Ibu-ibu, Kini Tupperware Ajukan Kebangkrutan, Apa Merek Pesaingnya?

2. Periksa Nama Wifi Publik secara Cermat

Pelaku kejahatan siber atau peretas biasanya juga turut memanfaatkan jaringan Wifi publik untuk melancarkan aksi jahatnya. Salah satu modus yang kerap digunakan para peretas adalah melakukan peniruan jaringan Wifi publik.

Salah satu tips menggunakan Wifi publik yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini adalah memeriksa nama jaringan Wifi yang tersedia secara cermat, seperti penggunaan huruf besar dan kecil hingga karakter khusus.

BACA JUGA:Korupsi Dana Zakat, Infaq dan Sedekah, Mantan Kepala Baznas Bengkulu Selatan Divonis Penjara

3. Matikan Fitur Koneksi Otomatis

Tips menggunakan Wifi publik berikutnya adalah mematikan fitur koneksi otomatis untuk tersambung ke jaringan Wifi.

Perkembangan smartphone terkini memang semakin menyederhanakan aktivitas kamu dengan sejumlah fitur yang sangat memudahkan, termasuk fitur koneksi otomatis Wifi.

Fitur tersebut biasanya telah diaktifkan secara default. Namun, siapa sangka kalau fitur ini juga yang biasanya dimanfaatkan para pelaku kejahatan siber.

Untuk menghindari dampak buruk tersebut, menonaktifkan fitur koneksi otomatis Wifi bisa menjadi salah satu tips menggunakan Wifi publik yang bisa dilakukan. Selain itu, kamu juga bisa segera menghapus atau melupakan jaringan Wifi yang telah tersimpan di pengaturan Wifi kamu.

BACA JUGA:Waspada Jangan Asal Pakai, 5 Bahaya WiFi Publik Ini Mengintai, Ketahui Tips Menghindarinya

4. Jangan Gunakan untuk Akses Data Pribadi

Dengan sejumlah risiko yang tersimpan dari penggunaan Wifi publik di atas, maka kamu juga tetap perlu berhati-hati sekalipun menggunakan jaringan Wifi publik yang dianggap aman.

Sebagian besar jaringan Wifi publik biasanya tidak mengandalkan enkripsi data yang kuat sehingga sangat rentan untuk disadap oleh pelaku kejahatan siber.

Apalagi jika router Wifi yang digunakan jarang diperbarui secara berkala, maka keamanan jaringannya akan semakin rentan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: