Iklan RBTV Dalam Berita

5 Daftar Pinjol Legal Bunga Paling Rendah Tenor Panjang, Jadi Lebih Mudah Nyicilnya

5 Daftar Pinjol Legal Bunga Paling Rendah Tenor Panjang, Jadi Lebih Mudah Nyicilnya

5 Daftar Pinjol Legal Bunga Paling Rendah Tenor Panjang, Jadi Lebih Mudah Nyicilnya--Foto: ist

3. Telepon 157 atau e-mail

Pengecekan bisa dilakukan melalui surat elektronik (e-mail) [email protected] atau melalui kontak resmi OJK di nomor 157.

2. Bandingkan bunga pinjaman dan biaya lainnya

Jangan langsung terlena dengan iming-iming pinjaman online terpercaya bunga rendah tanpa riset lebih jauh. Aplikasi pinjaman online terpercaya akan memberikan informasi yang jelas mengenai biaya, bunga, dan syarat pinjaman.

Periksa dengan teliti apakah ada biaya tersembunyi atau ketentuan yang tidak wajar dari aplikasi pinjaman online tersebut. Bandingkan suku bunga dan biaya administrasi dengan aplikasi pinjol lain untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan penawaran yang sesuai.

Waspadai sebuah aplikasi pinjol yang menawarkan pinjaman dengan syarat yang sangat menguntungkan atau tanpa pemeriksaan kredit. Sebelum menyetujui pinjaman, baca dan pahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan Anda memahami kewajiban Anda sebagai debitur, termasuk jadwal pembayaran dan konsekuensi jika Anda terlambat membayar.

BACA JUGA:Daftar 9 Pinjol yang Aman Ajukan Pinjaman Rp 500 Ribu, Bisa Langsung Cair Tanpa KTP

3. Pilih tenor pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan

Sebelum mengajukan pinjaman, Anda wajib menentukan jumlah pinjaman dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Dalam menentukan jangka waktu pinjaman atau tenor yang tepat, Anda perlu mengenali kemampuan finansial sendiri dengan cara menghitung pendapatan dan pengeluaran setiap bulan.

Tenor akan memengaruhi bunga yang dibebankan oleh bank kepada debitur. Semakin lama tenor pinjaman, semakin besar total bunga yang harus dibayarkan. Tenor menentukan besaran yang wajib Anda bayar setiap bulan.

Oleh sebab itu, pilih tenor yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Hal ini untuk meminimalisir faktor risiko seperti keterlambatan pembayaran hingga gagal bayar.

Risiko yang mengintai apabila Anda tidak membayar pinjol mulai dari bunga dan denda pinjaman yang semakin besar besar hingga tercatat di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK dengan Skor Kredit yang "Buruk".

4. Evaluasi kemudahan pengajuan dan proses persetujuan

Aplikasi pinjaman online terpercaya biasanya memiliki proses pengajuan yang mudah dipahami dan tidak memerlukan dokumen atau informasi yang tidak relevan. Pastikan proses persetujuan pinjaman ini tidak melibatkan langkah-langkah yang bertentangan dengan hukum hingga meminta informasi pribadi yang tidak perlu.

BACA JUGA:Data OJK, Segini Jumlah Orang Indonesia Ngutang Pinjol, Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: