Iklan RBTV Dalam Berita

Tarif Tol Jagorawi dan Transjawa Terbaru 2024, Lengkap Rincian Semua Golongan

Tarif Tol Jagorawi dan Transjawa Terbaru 2024, Lengkap Rincian Semua Golongan

Tarif tol Jagorawi dan Transjawa 2024--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tarif Tol Jagorawi dan Transjawa terbaru 2024, lengkap rincian semua golongan.

Pada tahun 2024 ini tarif tol terbaru untuk ruas Tol Jagorawi dan Transjawa telah diumumkan. Mengetahui informasi mengenai tarif ini penting bagi para pengguna jalan tol untuk mengetahui biaya yang harus dipersiapkan saat melintasi kedua ruas tol tersebut. 

BACA JUGA:Tragis! Bocah Laki-laki 7 Tahun Tewas Terjatuh dari Lantai 8, Ditinggal Orang Tua Sendirian di Apartemen

Adanya pembaruan tarif ini, pengendara dapat mengatur perjalanan mereka dengan lebih efisien dan menyesuaikan anggaran perjalanan. 

Untuk diketahui, penyesuaian tarif ini berlaku di sejumlah titik pada Tol Jagorawi yang menghubungkan Jakarta dengan Bogor, serta pada Tol Transjawa menghubungkan berbagai kota besar di Pulau Jawa.

BACA JUGA:Aksi Bersih Pantai Pasar Seluma Warnai HUT TNI ke-79

Sebelum lebih jauh mengetahui besaran tarif Tol Jagorawi dan Transjawa terbaru 2024. Sebaiknya kenali dulu sejarah keduanya berikut.

Mengenal Sejarah Tol Jagorawi dan Transjawa 

Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi merupakan jalan tol pertama di Indonesia dan menjadi pionir dalam pengembangan infrastruktur jalan tol di negara ini. Diresmikan pada tahun 1978, tol ini awalnya dirancang untuk mempercepat perjalanan antara Jakarta dan Bogor yang sebelumnya harus dilalui melalui jalan raya biasa yang sering padat.

Pada awalnya, Tol Jagorawi hanya memiliki dua lajur di setiap arah, namun seiring waktu, kapasitasnya diperluas menjadi empat lajur di beberapa ruas untuk mengakomodasi peningkatan volume lalu lintas. Tol ini juga terintegrasi dengan jalan tol lainnya seperti Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan Tol Depok-Antasari, menjadikannya sangat penting untuk mobilitas di kawasan Jabodetabek. 

Sementara itu, jalan Tol Trans Jawa, jalur bebas hambatan utama di Pulau Jawa, membentang sepanjang 1.167 km dan menjadi salah satu tol terpadat di Indonesia. Pembangunannya dimulai pada tahun 1978 dan dilakukan secara bertahap. 

Tahap pertama dari pembangunan dimulai antara tahun 1978 hingga 2004, menyelesaikan sekira 242 km jalan. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan sepanjang 75 km dari tahun 2005 hingga 2014, dan dilanjutkan dengan pembangunan signifikan sepanjang 616 km dari tahun 2015 hingga 2018. Jalan tol ini resmi terhubung pada 20 Desember 2018, dan diharapkan rampung sepenuhnya pada tahun 2025 dengan selesainya proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).

Rincian Tarif Tol Jagorawi dan Transjawa Terbaru  2024 

Tarif Tol Jagorawi 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: