Iklan RBTV Dalam Berita

3 Tsunami Terbesar di Indonesia Telan Ratusan Ribu Korban Jiwa, Pahami Tanda-tandanya Sebelum Terjadi

3 Tsunami Terbesar di Indonesia Telan Ratusan Ribu Korban Jiwa, Pahami Tanda-tandanya Sebelum Terjadi

--

1. Mendadak air laut menjadi surut

Salah satu tanda paling umum terjadi adalah surutnya air laut secara mendadak sebelum gelombang besar datang. Ini disebabkan oleh pergerakan air laut yang ditarik kembali ke arah laut sebelum gelombang besar menghantam pantai.

2. Gempa bumi yang kuat

Jika Anda merasakan gempa bumi yang kuat saat berada di dekat pantai, ini bisa menjadi pertanda awal tsunami akan datang.

3. Suara gemuruh yang keras

Pertanda awal dari tsunami adalah adanya suara gemuruh yang keras (seperti kereta api atau pesawat terbang) dari lautan.

4. Binatang dan kemampuan merasakan bahaya yang akan datang

Penelitian mengatakan bahwa hewan dapat merasakan bahaya yang akan datang, getaran dan perubahan elektromagnetik di atmosfer, yang mungkin bagi manusia diartikan sebagai perubahan alam kecil yang tak berarti.

BACA JUGA:Tercatat dalam Sejarah Hampir Semua Gempa Megathrust Disusul Tsunami Besar, Ini Zona Merah di Indonesia

Pentingnya edukasi, sistem peringatan dini, dan kesiapsiagaan bencana tidak boleh diabaikan untuk meminimalkan dampak dari bencana yang mengerikan ini.

Dengan pemahaman yang lebih baik terkait tsunami dan langkah-langkah mitigasi yang tepat, kita bisa lebih siap menghadapi ancaman ini dan melindungi kehidupan serta harta benda yang kita punya.

BACA JUGA:Dahsyatnya Gempa Megathrust Lebih dari Tsunami Aceh, tapi Kata BMKG Jangan Panik

Itulah mengenai kilas balik 3 daerah Indonesia yang pernah mengalami tsunami hingga menelan korban sampai ratusan ribu jiwa!

 

(Putri Nurhidayati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: