Iklan RBTV Dalam Berita

Bagaimana Kuasa Allah SWT Saat Kita Amalkan 226 Kali Zikir Al Jabbar Pagi dan Sore Ketika Dizalimi

Bagaimana Kuasa Allah SWT Saat Kita Amalkan 226 Kali Zikir Al Jabbar Pagi dan Sore Ketika Dizalimi

Zikir bagi orang yang dizalimi--

Oleh karena itu, ketika kita disakiti orang lain, doa yang kita amalkan, insyaallah akan diijabah, termasuk doa agar orang yang menyakiti kita menyesal. 

Akan tetapi sebagai muslim yang baik, selain membaca doa agar orang yang menyakiti kita menyesal, penting untuk menunjukkan sikap yang baik, sebagaimana firman Allah SWT,

ٱدْفَعْ بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ فَإِذَا ٱلَّذِى بَيْنَكَ وَبَيْنَهُۥ عَدَٰوَةٌ كَأَنَّهُۥ وَلِىٌّ حَمِيمٌ

Artinya: “Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia” (QS. Fushilat: 34).

BACA JUGA:Amalan Pembuka Pintu Rezeki yang Manjur, Ini Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha

Ayat tersebut menjelaskan bahwa menunjukkan sikap yang baik, dengan tidak membalas keburukan dengan keburukan adalah hal yang penting. 

Dengan kata lain, selain membaca doa agar orang yang menyakiti kita menyesal, penting juga untuk tetap bersikap baik kepada orang tersebut.

Ini karena membalas dendam, atau membalas keburukan dengan keburukan lainnya hanya akan memperpanjang rantai kebencian yang tidak akan pernah berakhir. Selain itu, membalas keburukan dengan keburukan juga akan membuat hati kita menjadi kotor dan merasa tidak tenang.

BACA JUGA:Kemiskinan akan Menjauh jika Rajin Amalkan 3 Dzikir Ini, Lebih Baik Ditambah Tahajud

Oleh karena itu, sebagai muslim yang baik, ketika kita disakiti orang lain, kita dianjurkan untuk tetap berbuat baik kepadanya. 

Misalnya, ketika seseorang memutus tali silaturahmi, maka sambungkan kembali hubungan tersebut. Jika mereka berlaku tidak adil terhadapmu, maka maafkanlah.

Apabila mereka menyebarkan fitnah tentangmu, baik di belakang maupun di hadapanmu, janganlah engkau membalas dengan cara yang sama, melainkan maafkanlah mereka dan tanggapilah dengan kata-kata yang lembut. 

BACA JUGA:Sebelum Beraktifitas di Pagi Hari, Coba Amalkan Dzikir Berikut Agar Rezeki Makin Berlimpah

Jika mereka mengabaikanmu dan enggan berbicara denganmu, mulailah memberikan salam dan bertegur sapa dengan sikap yang baik.

Jika sikap baik kita tidak mengubah sikap mereka, maka kita bisa membaca doa agar orang yang menyakiti kita menyesal. Sebab, hanya Allah SWT yang dapat mengubah hati seseorang. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

يَا أُمَّ سَلَمَةَ إِنَّهُ لَيْسَ آدَمِىٌّ إِلاَّ وَقَلْبُهُ بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ فَمَنْ شَاءَ أَقَامَ وَمَنْ شَاءَ أَزَاغَ

Artinya: "Wahai Ummu Salamah! Tidaklah ada seorang anak adam melainkan hatinya terletak di antara dua jari dari jari-jemari Allah, siapa yang Dia kehendaki lurus, maka Dia akan meluruskannya, dan siapa yang dia kehendaki akan menyimpang, maka dia akan menyimpangkannya." (HR. At-Tirmidzi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: