Iklan RBTV Dalam Berita

5 Patahan Aktif Paling Terkenal di Indonesia, Ini Pengaruhnya terhadap Manusia dan Folra-Fauna

5 Patahan Aktif Paling Terkenal di Indonesia, Ini Pengaruhnya terhadap Manusia dan Folra-Fauna

5 patahan paling aktif yang terkenal di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 5 patahan aktif paling terkenal di Indonesia, ini pengaruhnya terhadap manusia dan folra-fauna.

Patahan bumi atau sesar adalah fenomena retakan di permukaan bumi yang terjadi akibat pergeseran lapisan batuan. Pergeseran ini bisa disebabkan oleh gaya tekan kerak bumi.

Patahan bumi dapat menyebabkan gempa bumi karena pergerakan tiba-tiba di sepanjang patahan tersebut. Pergerakan ini melepaskan energi yang tersimpan dalam bentuk gelombang seismik, yang menjalar melalui Bumi dan menyebabkan permukaan tanah berguncang.

BACA JUGA:Ketahui, Ini Sederet Bahaya Konsumsi Telur Terlalu Banyak, Batasi Konsumsinya

Dikutip dari sindownews.com, patahan (fault) Bumi merupakan salah satu fenomena geologi alam yang terbentuk dalam waktu yang sangat lama, bahkan berjuta-juta tahun. 

Berikut beberapa patahan bumi yang juga ditemukan di wilayah Indonesia yang dirangkum laman esdm.go.id dan ilmugeografi, Kamis (11/5/2023). 

1. Patahan Semangko 

Yang pertama adalah patahan semangko, patahan ini merupakan patahan di wilayah Indonesia yang paling terkenal karena membentang sepanjang Pulau Sumatera, dari bagian utara hingga ke selatan. 

BACA JUGA:Belum Lama Dilantik, Anggota Dewan Kepahiang Ikut Rapat Paripurna Pakai Baju Kaos

Patahan ini dimulai dari Aceh hingga ke Teluk Semangka di Lampung. Selain itu, patahan ini termasuk ke dalam patahan geser yang mengakibatkan terbentuknya Pegunungan Barisan. 

Patahan Semangko atau Great Sumatran Fault, merupakan sesar geser dextral sepanjang sekitar 1.900 km membentang di Pulau Sumatera. 

2. Patahan Sorong 

Berikutnya ada patahan Sorong, patahan ini termasuk salah satu patahan aktif terpanjang di Indonesia selain sistem Sesar Besar Sumatera yang lebih dulu melegenda. 

BACA JUGA:Rampas Motor Sepasang Kekasih, 2 Pelaku Begal Ditangkap, Polisi Buru Pelaku Lainnya

Terhitung dari pesisir timur Teluk Cenderawasih, zona sesar Sorong membentang sepanjang 1.900-2.000 km ke arah barat hingga berujung di Kepulauan Banggai (propinsi Sulawesi tengah). 

Patahan ini setara dua kali lipat panjang dari pulau Jawa. Patahan Sorong adalah sesar mendatar kiri yang cukup signifikan di bagian timur Indonesia yang dinamai sesuai dengan Kota Sorong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: